Parot Produksi Drone Khusus Untuk Petani dan Pemadam Kebakaran

Parot Produksi Drone Khusus Untuk Petani dan Pemadam Kebakaran

268
Parot Produksi Drone Khusus

Sebenarnya tahun ini merupakan tahun yang berat bagi Parot setelah memberhentikan 290 karyawannya yang bekerja pada divisi pembuatan drone. Pun demikian sang perusahaan mengakuinya dengan alasan apa yang diproduksi selama ini kurang fokus dan tidak cukup memberikan keuntungan.

Recover nampaknya sedang diusahakan oleh Parot dengan memproduksi drone-drone untuk kebutuhan spesifik ditujukan untuk pasar profesional. Terbukti Parot baru saja mengeluarkan beberapa seri drone untuk kebutuhan spesifik yaitu Bebop-Pro Thermal dan Bluegrass.

Bebop-Pro, seperti namanya telah dilengkapi dengan thermal imaging camera dan software khusus pada video camera. Pangsa pasar drone tersebut ditujukan kepada pemadam kebakaran dan tim penyelamat yang sering berkutat dengan titik api. Drone tersebut juga dilengkapi dengan remote control sehingga sang pilot tetap bisa mengoperasikan dari jarak aman.

Drone satunya lagi adalah Bluegrass. Drone ini dilengkapi dengan sensor khusus yang disebut dengan multispectral sensor. Sensor ini dibuat khusus untuk mengenali berbagai macam gangguan dan ancaman yang biasa terjadi di lahan pertanian. Terlebih lagi, software flight planning (rencana penerbangan) juga disertakan. Pada bagian depan ada Full HD video camera untuk menangkap gambar secara presisi terhadap lahan pertanian ataupun peternakan. Tentu saja, sebagai pelengkap bawaan, drone Bluegrass juga dilengkapi dengan remote control jarak jauh.

Teknologi tersebut sengaja dibuat bagi para petani profesional yang memiliki lahan luas agar mereka bisa meningkatkan efisiensi kerja, ROI sehingga meningkatkan produktifitas panen.

Jadi para petani tidak harus melakukan inspeksi ke lahan langsung setiap kali mereka ingin melakukan pengamatan ataupun mempelajari kondisi lahan. Drone ini mampu terbang mengitari 30 hektar lahan pertanian di ketinggian 70 meter atau 230 kaki dalam sekali charge, seperti yang dikutip dari Parot dalam press rilisnya via Engadget, 24 Oktober 2017.


Baca Juga Drone Pouncer, Drone Canggih Yang Bisa Kamu “Makan”!


Dalam press rilisnya Parot sengaja tidak menyinggung soal harga. Tapi yang pasti drone-drone tersebut tidak diperuntukkan bagi kalangan pribadi. Drone tersebut dibuat bukan untuk memenuhi keinginan semata terlebih dari itu untuk menjawab tantangan kebutuhan petani-petani profesional yang kesulitan mengontrol lahan mereka.

SHARE

LEAVE A REPLY