Para Ahli Mulai Menemukan Titik Terang Terhadap Ancaman WannaCry

Para Ahli Mulai Menemukan Titik Terang Terhadap Ancaman WannaCry

247
Ancaman WannaCry

Para peneiliti dan ahli belum berhenti menelusuri jejak-jejak Ransomware WannaCry yang hingga kini masih menjadi ancaman terutama di Russia dan China. Informasi terbaru dari BitSight salah satu perusahaan di Amerika yang selalu mengamati perkembangan WannaCry, memberikan sedikit titik terang dalam mengurai simpul kerusakan yang diakibatkan oleh WannaCry. Para ahli meyakini akan menemukan perbuatan siapa dibalik virus tersebut dengan menelusuri sumber utama dari penyebarannya.

Seperti yang dikutip oleh Reuters, menyatakan bahwa dua pertiga dari seluruh jumlah komputer yang diserang oleh virus WannaCry menggunakan sistem operasi Windows 7 yang tidak pernah di update. Ditegaskan oleh BitSight dengan penelitiannya bahwa ada sekitar 160 ribu komputer yang terhubung dalam jaringan internet yang sama telah terinfeksi WannaCry, dan fakta yang mengejutkan bahwa 67% dari komputer tersebut memakai sistem operasi Windows 7. Fakta mengejutkan selanjutnya bahwa virus tersebut tidak bisa disebarkan oleh sistem operasi Windows XP yang telah resmi dihentikan.

Para pakar mengingatkan bahwa komputer yang terhubung dalam jaringan sangat rentan terhadap serangan ini. Di Windows 7 virus ransomware dapat dengan mudah menyebar tanpa intervensi manusia sekalipun. WannaCry memiliki kemampuan seperti worm dalam menginfeksi komputer sehingga dapat dengan mudah menyebar melalui jaringan komputer, seperti yang dikatakan oleh Paul Pratley pimpinan investigasi MWR InfoSecurity, Inggris.

Sepekan belum usai sejak BitSight memberi laporan tersebut, Bank Central Rusia kembali mendapatkan serangan. Dimuat dalam Reuters bahwa Bank Central Rusia merasakan serangan tersebut setelah virus WannaCry merusak sebagian sistem perbankan hampir di seluruh kota. Ini artinya, seluruh masyarakat dunia harus tetap waspada dengan virus tersebut terutama pengguna komputer yang memakai sistem operasi Windows  7 ke atas. Meskipun pada Windows 8 dan 10 prosentasenya hanya sedikit, namun tetap saja potensial terhadap bahaya WannaCry.


Baca Juga Rekomendasi Anti Virus Terbaik Yang Bikin Komputermu Bebas Virus!


Hingga kini para ahli belum menemukan cara untuk membuka file-file yang telah terenkripsi oleh virus tersebut. Dilansir oleh Reuters hingga saat ini setidaknya sudah ada 300 tebusan yang dibayarkan untuk WannaCry dengan nominal kurang lebih $83,000.

SHARE

LEAVE A REPLY