Nokia 6: Awal Mula Kebangkitan Kembali Ponsel Nokia?

Nokia 6: Awal Mula Kebangkitan Kembali Ponsel Nokia?

1216
harga nokia 6 review

Nokia hadirkan smartphone Android terbaru, Nokia 6! Bagaimana fitur, spesifikasi, dan harganya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Kreasitekno.com — Masih ingat dengan Nokia? Selama sekitar satu dekade yang lalu, Nokia merajai industri ponsel di Tanah Air. Namun sejak kemunculan Android, nama besar Nokia berangsur-angsur turun hingga ke titik terendah akibat “kukuh” menggunakan Symbian dan Windows Phone sebagai sistem operasi bawaan. Bersamaan dengan itu, Samsung terus merangkak naik hingga berdiri di puncak sebagai brand smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat.


Baca Juga: iPhone 7 Bergambar Donald Trump Laku Dengan Harga Fantastis!


Menyadari hal itu, Nokia akhirnya “merombak prinsip” mereka dengan merilis ponsel berbasis Android terbaru, yakni Nokia 6. Meski terlambat, setidaknya Nokia telah membuktikan bahwa namanya masih eksis di kancah perdagangan mobile phone dunia. Hadirnya Nokia 6 seakan menjadi babak baru bagi Nokia untuk memulai persaingan dengan raksasa sekelas Samsung, Sony, Oppo, dan IPhone.

fitur nokia 6 review

Upaya Nokia dalam rangka kembali merebut hati masyarakat juga bukanlah hal yang mudah, karena saat ini mulai bermunculan vendor-vendor yang menawarkan hal serupa. Belum lagi berbagai keunggulan yang ditawarkan, seperti teknologi (spesifikasi), ketahanan, dan harga yang terjangkau. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Nokia.

Di lain sisi, Nokia telah menjalin kerjasama dengan FIH (anak perusahaan Foxconn) dimana tak lama kemudian Nokia juga melisensikan properti intelektual (termasuk merk “Nokia”) ke sebuah perusahaan asal Finlandia, HMD Global. Dalam hal ini, HMD Global dan FIH Mobile pada akhirnya saling berbagi peran. HMD merancang mobile gadget, sementara FIH menangani masalah produksi. Dengan kata lain, bentuk sinergi antara Nokia, HMD, dan FIH inilah yang akan kembali membawa nama besar Nokia di industri ponsel melawan Samsung dan IPhone.

fitur nokia 6

Fitur & Spesifikasi High-End

Jika ditelisik berdasarkan fitur dan spesifikasinya, Nokia 6 telah memenuhi standar ponsel kelas high-end. Material bodinya terbuat dari logam dengan bagian bawah layar terdapat tombol Home, yang juga bisa difungsikan sebagai tombol pemindai sidik jari. Berikut spesifikasi lebih detail dari Nokia 6.

– Ukuran layar: 5,5 inci dengan Gorilla Glass 2.5D
– Resolusi: Full HD 1.080 x 1.920 piksel
– Kerapatan layar: 403 ppi
– Chipset: Qualcomm Snapdragon 430
– RAM: 4 GB
– Kamera utama (belakang): 16 megapiksel
– Kamera selfie (depan): 8 megapiksel
– Media penyimpanan: 64 GB
– Slot penyimpanan tambahan: MicroSD hingga 128 GB
– Dual SIM: Ya
– Konektivitas: GPS, Bluetooth, 3G, 4G
– Sensor: Compass Magnetometer, Proximity, Accelerometer, Ambient Light, Gyroscope
– Dimensi: 154 x 75,8 x 7,85 mm (tinggi x lebar x tebal)

Dengan desain, fitur, dan spesifikasi yang sedemikian rupa, Nokia 6 dibanderol dengan harga relatif murah, yakni 1.699 yuan atau setara Rp 3,2 juta.

Namun sayangnya, untuk saat ini Nokia 6 masih dirilis secara terbatas di China saja. Masih belum diketahui kapan smartphone tersebut akan masuk negara-negara lain, termasuk Indonesia.

SHARE

LEAVE A REPLY