No Man’s Sky Diselidiki Pihak Berwajib Gara-Gara Melakukan “Penipuan”

605

Banyak pemain yang komplain gara-gara versi akhir No Man’s Sky tidak sesuai dengan video promosinya.

Kreasitekno – Harapan terkadang tak sesuai dengan kenyataan. Ketika pertama kali muncul dalam bentuk video promosi pada event E3 2014, No Man’s Sky menarik perhatian banyak gamer. Banyak yang menggadang-gadang bahwa game ini bakalan menjadi game spektakuler yang luar biasa. Akan tetapi, ketika game-nya dirilis beberapa bulan lalu, apakah benar demikian?

Tentu saja, jawabannya tidak. Banyak pemain No Man’s Sky komplain karena game ini tidak sebagus video trailer yang digunakan untuk promosi. Komplain keras juga dilayangkan pada halaman Steam No Man’s Sky di mana pada halaman tersebut para pemain menyebutkan bahwa pihak developer Hello Games telah melakukan penipuan dengan mengunggah screenshot dan video gameplay No Man’s Sky yang berbeda dengan versi akhir game.

Pada screenshot dan juga video gameplay di halaman Steam tersebut, disebutkan bahwa game ini menawarkan berbagai macam combat, bangunan-bangunan unik, menerbangkan pesawat dan juga makhluk-makhluk raksasa yang tidak akan kalian temukan dalam game. Sampai saat tulisan ini dibuat, kritik keras pun masih meluncur dengan deras pada halaman Steam game.

Menerima banyak sekali komplain, ASA atau Advertising Standards Authority (semacam pihak berwajib yang mengawasi kegiatan advertising/promosi) pun mengkonfirmasikan (via Polygon) bahwa mereka mendapatkan banyak komplain dari video-video promosi game buatan Hello Games ini. Terlebih lagi, mereka juga kini tengah melakukan investigasi terhadap pihak Hello Games terkait kasus ‘penipuan’ ini.


Baca Juga: Lightning Akhirnya Muncul dalam Final Fantasy Brave Exvius!


Sebelumnya, beberapa pemain juga meminta refund dari pihak Sony karena game ini tidak sesuai ekspektasi. Terlebih lagi, dalam acara Tokyo Game Show bulan ini, presiden Sony’s Worldwide Studios Shuhei Yoshida mengatakan bahwa dia mengerti kenapa banyak gamer mengkritik game ini—dan dia menyalahkan pihak strategi promosi Hello Games yang terlalu berlebihan sehingga banyak orang berharap tinggi pada game ini. Tentu saja meski ada banyak sekali masalah, Sony juga mengatakan kepada para pemain bahwa game No Man’s Sky akan terus di-update agar menjadi lebih bagus lagi.

No Man’s Sky telah dirilis pada bulan Agustus 2016 lalu dan bisa tersedia untuk PlayStation 4 dan juga PC. Apakah kamu sudah memainkan game ini? Bagaimana pendapatmu mengenai No Man’s Sky? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Sumber: Polygon, Eurogamer

SHARE

LEAVE A REPLY