Mengenal Morphex, Si Bola Putih Lucu nan Menggemaskan

Mengenal Morphex, Si Bola Putih Lucu nan Menggemaskan

241

morphex-mkii-1200x520

Suka robot? Kalau begitu pasti kalian tidak asing dengan nama Morphex. Yuk, mengenal lebih dekat dengan si robot berbentuk bola ini!

Kreasitekno.com — Kare Halvorsen telah membuahkan karya yang menakjubkan melalui sentuhan tangan briliannya. Dalam waktu singkat, bola putih imut ciptaannya ini telah berhasil merebut hati banyak orang dan menjadi pemenang Innovation Competition yang digelar oleh Boca Bearing Company pada tahun 2012 lalu. Setelah berhasil memenangi kompetisi bergengsi tersebut, pria berkebangsaan Norwegia ini lebih intens memperkenalkan robot kebanggaannya di hadapan publik. Sebelumnya ia pun sudah sejak lama mengembangkan berbagai versi robot uniknya. Beberapa diantaranya yakni Felix, Phoenix, Ant, dan yang terakhir “Si Putih” bernama Morphex.

Rupanya Morphex telah beberapa kali mengalami upgrade, dilihat dari proses penggarapannya yang serius dan peningkatan performa sistem yang dilakukan secara berkala. Dibuktikan dari beberapa model pengembangan yang telah diperbarui, bermula dari Morphex, Morphex MKII, hingga versi yang terbaru saat ini, Moprhex MKIII.

MorpHex

Morphex MKII, pemenang Boca Bearing Innovation Competition 2012, telah membawa perkembangan yang cukup signifikan dari generasi pendahulunya, Morphex, yang hanya bisa berputar dalam satu ruang lingkup saja. Tipe MKII ini mampu menggelinding di lintasan lurus, berjalan, berputar, dan juga menempuh lintasan diagonal. Bahkan diiringi pula dengan variasi penggunaan kaki triple mode, dual mode, dan single mode saat menggelinding.

Sedangkan pada tipe MKIII, generasi terbaru, Kare Halvorsen mempercantik “bola imut” ini dengan tambahan RGB LED pada tiap kakinya, dengan jumlah total sebanyak 24 LED. Selain memperindah tampilan, LED yang terpasang juga berfungsi sebagai indikator pergerakan robot, baik saat menggelinding, berputar, maupun berjalan. Kemudian peningkatan yang signifikan terletak pada penambahan IMU, Razor 9DOF, dimana membuat robot mampu melewati halangan setinggi 2 inchi. Upgrade lainnya yakni rentang kaki yang bisa diperlebar hingga 2 kali diameter awal, serta jarak jangkauan yang diperpanjang saat menggelinding sehingga mampu mempercepat gerak robot.

Konsep kerangka yang fleksibel membuat Morphex mampu bertransformasi menjadi bentuk-bentuk yang unik, lucu, dan mengagumkan. Belum lagi proses pergerakannya yang halus, semakin membuat robot ini menyerupai beberapa karakter dalam film sci-fi maupun animasi.

Penasaran ingin melihat lebih detail demo dan proses pembuatannya? Kunjungi saja blog pribadinya di zentasrobots.com, juga channel-nya di Youtube: Zenta.

SHARE

LEAVE A REPLY