MiniMed 670G: Pankreas Buatan Untuk Penderita Diabetes

MiniMed 670G: Pankreas Buatan Untuk Penderita Diabetes

546

MiniMed 670G adalah terobosan teknologi kedokteran yang membantu penderita diabetes menyeimbangkan kadar gula darahnya.

Kreasitekno.com — Di Amerika, perusahaan bernama Medtronic telah mengembangkan alat untuk mengatasi permasalahan penderita diabetes terutama penderita Tipe 1. MiniMed 670G, merupakan alat seperti pankreas buatan, yaitu memberikan insulin ke dalam tubuh.  Alat ini bekerja dengan memonitori secara otomatis kadar gula darah dari pasien dan pemberian insulin ketika diperlukan, tanpa adanya pengecekan konstan dan jarum suntik yang diperlukan. Metode ini bisa menghindari komplikasi yang lebih serius, termasuk kematian mendadak jika kadar gula darah yang terlalu rendah. Sehingga Lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/ FDA) menyetujui perangkat ‘pankreas buatan’ dari Medtronic.

minimed 670g pankreas buatan

Prinsip kerja dari MiniMed 670G sebenarnya cukup simple. MiniMed 670G memiliki sensor seukuran koin untuk memantau kadar glukosa dalam darah. Sensor tersebut akan mengirim sinyal ke alat utama. Jika alat utama yang memonitor kadar gula darah mendeteksi kekurangan glukosa, maka alat tersebut akan memompa insulin kedalam tubuh melalui infusion site yang ditanamkan disekitar pankreas pasien. Sehingga kadar insulin dari pasien terjaga. Inilah teknologi hybrid close loop milik MiniMed 670G yang menjadi fitur utama.


Baca Juga: Kini Penyakit Lumpuh Bisa Sembuh dengan Teknologi Neural Implant!


MiniMed 670G telah lolos uji klinis yang melibatkan sebanyak 123 orang dengan usia diatas 14 tahun pasien diabetes tipe 1. Alat ini tidak menimbulkan efek samping yang serius seperti hipoglikemia, hiperglikemia, atau iritasi kulit kemerahan di sekitar wilayah infus. Tetapi untuk usia di bawah 14 tahun masih dalam tahap penelitian. Alat ini diakui aman, sehingga pankreas buatan untuk penderita diabetes telah disetujui oleh FDA.

penggunaan-pankreas-buatan-minimed-670g

Diabetes adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam pengelohan kadar gula di dalam tubuh. Untuk menjaga kadar gula darah dibutuhkan asupan insulin untuk menyeimbangkannya. Bagi penderita Diabetes Tipe 1, penyakit ini menyebabkan tubuh keliru dan membunuh sel-sel yang seharusnya membuat hormon insulin. Hormon ini berperan menyerap dan memproses gula dalam makanan. Insulin diproduksi oleh pankreas di tubuh kita. Sehingga penderita diabetes butuh pankreas buatan untuk mensuplai insulin.

sumber

SHARE

LEAVE A REPLY