RESMI: Microsoft Menghadirkan Visual Studio Untuk Mac!

RESMI: Microsoft Menghadirkan Visual Studio Untuk Mac!

499
visual studio untuk mac

Kabar gembira untuk programmer cross-platform! Tool pengembang aplikasi buatan Microsoft akan merilis Visual Studio Untuk Mac!

Kreasitekno.com — Apakah kamu pengguna Mac yang sering menggunakan Visual Studio? Jika sebelumnya kamu harus membuat dual boot dengan Boot Camp atau menginstall virtual machine untuk menggunakan Visual Studio, sebentar lagi, kamu akan meninggalkan cara lama tersebut karena kini Microsoft akan merilis visual Studio untuk Mac!


Baca Juga: Yuk, Kenalan Dengan The Garage, Perusahaan ‘Eksperimen’ Microsoft!


Microsoft secara resmi meluncurkan versi Visual Studio untuk Mac dalam konferensi Connect() yang dihelat pada 16 November 2017. Berita ini cukup mengejutkan, mengingat sebelumnya perusahaan membatasi Visual Studio hanya bisa digunakan melalui Windows.

Visual Studio untuk Mac
Tampilan Visual Studio untuk Mac

Kabarnya, perubahan ini datang karena Microsoft telah menggeser fokusnya ke operasi cloud dalam menjalankan roda bisnis perusahaan. Jika tugas pemrograman di masa lalu dilakukan di server lokal, saat ini orang-orang semakin senang menggunakan layanan cloud platform seperti Microsoft Azure dan AWS (Amazon Web Services).

Dengan membuat Visual Studio menjadi cross-platform, Microsoft berharap bisa mempertahankan pengguna profesional yang ingin mengerjakan proyek mereka dari sistem operasi yang mereka suka. Pengguna Mac yang ingin mengakses Visual Studio tidak perlu lagi menginstall virtual machine atau membuat dual boot.


Baca Juga: Produk Microsoft Ini Jauh Lebih Canggih Daripada iMac Buatan Apple!


Visual Studio untuk Mac akan didasarkan pada Xamarin Studio, yang merupakan C# IDE populer untuk OS X. Awal tahun ini, Microsoft mengakuisisi Xamarin dalam kesepakatan yang diyakini bernilai antara 400 sampai 500 juta dolar.

Meskipun memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan Visual Studio versi Windows, namun Visual Studio untuk Mac tetap memiliki fitur-fitur yang serupa. Visual Studio untuk Mac juga menggunakan IntelliSense dan refactoring menggunakan Roslyn Compiler Platform, project system dan build engine menggunakan MSBuild, source editor mendukung TextMate, debugger engines untuk aplikasi Xamarin dan .NET Core, serta desainer yang sama untuk Xamarin.iOS dan Xamarin.Android.

IntelliSense pada .NET Core Project
IntelliSense pada .NET Core Project

Tulisan yang dipublikasikan MSDN Magazine (yang sekarang telah dihapus), menjelaskan bahwa kompatibilitas menjadi fokus utama dari Visual Studio untuk Mac. Pengembang pada platform berbeda dapat dengan mudah berkontribusi pada proyek yang sama di seluruh platform tanpa perlu melakukan konversi atau migrasi.

Bagaimana, sudah tidak sabar? Tunggu berita selanjutnya dari Microsoft, ya.

SHARE

LEAVE A REPLY