Microsoft Hololens Review, Kacamata Canggih Penampil 3D Multiguna

Microsoft Hololens Review, Kacamata Canggih Penampil 3D Multiguna

617

KreasiTekno.com – Masihkah kalian memimpikan sebuah alat canggih yang dapat membuat kalian menambah kemampuan dan mempermudah kalian dalam menikmati teknologi saat ini? Tak usah khawatir, saat ini perusahaan microsoft mengeluarkan produk barunya yang berbasis alat tekno yaitu kacamata multuiguna atau yang lebih dikenal dengan sebutan Microsoft HoloLens. Kacamata pintar ini merupakan alat yang sekaligus digunakan untuk bersamaan dengan sistem operasi windows 10 dimana peresmiannya juga bersamaan dengan windows 10. Jadi antara kacamata hololens dan windows sendiri memiliki satu keterkaitan yang klop.

Microsoft Hololens

Microsoft hololens secara umum diresmikan dan dipasarkan pada tahun 2015. Namun untuk dijual komersil akan dilakukan pada tahum 2016. Dibutukan waktu kurang lebih 5 tahun sebelum tanggal peresmian untuk mematangkan konsep alat ini hingga terbentuknya teknologi ini dengan sempurna. Pada kacamata ini terdapat penggabungan antara gambar imaginer dengan penglihatan manusia pada umumnya, dimana untuk membuat hal tersebut digunakan teknologi augmented reality sebagai komponen utamanya. Pada hasil yang ditampilkan akan didapatkan gambar dengan jelas yang berupa gambar 3 dimensi. Selain gambar, kacamata Hololens juga dapat digunakan untuk berinteraksi lewat gerakan, suara atau yang lain. Hal tersebut dikarenakan kacamata ini menggunakan user interface alami sehingga pengguna dapat leluasa berinteraksi melalui media gerakan maupun suara.

Kacamata hololens sendiri memiliki bentuk seperti namanya yaitu kacamata pelindung yang berbeda dari kacamata pada umumnya, yaitu memiliki ikatan kepala sehingga dapat mencoptakan suasana nyaman saat memakai alat ini. Selain itu, kacamata ini juga dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, maju atau mundur, maupun menyamping. Dengan alat ini kalian dapat menggunakannya dengan menyesuaikan pada bagian belakang ikat kepala serta dapat mendukung berat si pengguna alat yang satu ini.

Alat yang satu ini banyak memiliki sensor serta perangkat keras yang satu sama lain dapat dipisahkan yang termasuk kamera video ataupun sensor kedalaman, foto maupun unit pengolahan hologram. Gambar yang ditampilkan pada kacamata akan diproyeksikan dan dikalibrasikan sengan jarak interpupillary dari pengguna itu sendiri. Pada kacamatapun terdapat fitur speaker kecil yang letaknya berada pada tepi bawah telinga yang berguna sebagai alat untuk mendengarkan suara virtual yang dihasilan dari komputer. Suaranya pun sangat terasa keasliannya dan terasa nyata, sehingga kalian dapat merasakan suara yang asli dari tempat tersebut yang ditampilkan.

Alat ini berorientasi pada permodelan 3 dimensi, yang mana pembuat alat ini menginginkan kacamata ini dapat memvisualisasikan serta berinteraksi dan berkolaborasi dengan objek yang berjauhan tanpa perangkat yang besar dan alat tersebut praktis dan fleksibel apabila digunakan. Awalnya alat ini digunakan untuk membantu astronot dalm menjalankan misinya di luar angkasa, pembuatan alat ini bekerjasama dengan NASA. Hal ini dapat mempermudah astronot dalam menerima instruksi dan bimbingan interaktif dari bumi ke dalam bentuk gambar maupun suara tanpa alat yang berat.

Microsoft Hololens Review
Microsoft Hololens Review

Dengan adanya kacamata hololens ini, kalian dapat melihat informasi yang dikirimkan pada kacamata yang secara langsung akan menampilkan isi dari informasi tersebut pada lensa kacamata dalam bentuk hologram 3 dimensi. Kacamata ini dapat digunakan tanpa menghubungkan dengan komputer secara langsung, sehingga menambah fleksibilitas dalam penggunaanya. Prosesor yang digunakan untuk penggarapan kacamata ini adalah prosesor baru yang sering disebut dengan holographic processing unit. Windows 10 pun mendukung teknologi ini serta juga menyediakan aplikasi untuk penngunaan kacamata ini yang disebut dengan application programming interface (API) agar menambah kemudahan dalam penggunaan kacamata hololens ini. Microsoft pun juga mengeluarkan software development tools yang berfungsi sebagai memudahkan dalam pengembangan aplikasi hologram yang mana hologram merupakan suatu objek yang ditampilkan pada kacamata hololens.

Begitulah penjelasan mengenai teknologi terbari saat ini, yaitu kacamata Microsoft hololens. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua…

SHARE

LEAVE A REPLY