Microsoft Bikin Aplikasi Gratis Penunjuk Jalan Untuk Tuna Netra

Microsoft Bikin Aplikasi Gratis Penunjuk Jalan Untuk Tuna Netra

172
Microsoft Bikin Aplikasi

Kabar menakjubkan sekaligus menggembirakan datang dari Microsoft yang resmi merilis sebuah aplikasi ponsel yang dapat menarasikan dunia kepada penyandang tunanetra. Yang paling mengejutkan, aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis tanpa biaya sepeserpun.

Bukan hanya berfungsi sebagai penunjuk jalan, aplikasi tersebut bahkan bisa mengenali berbagai macam peralatan alat dapur dan nilai mata uang. Semua itu adalah buah karya teknologi artificial intelligence yang akhir-akhir ini dikembangkan oleh Microsoft yang dinamai dengan Seeing AI.

Sebenarnya portofolio Seeing AI sudah dibocorkan oleh Microsoft sejak akhir Maret lalu, dan hari ini Microsoft resmi merilisnya untuk masyarakat Amerikat bagi pengguna iOS. Sayangnya, pengguna Android dan warga selain Amerika belum bisa menikmati fasilitas tersebut.

Belum ada tanda-tanda Microsoft akan membuat aplikasi tersebut untuk Android dan pengguna global. Mengingat perannya yang sangat vital, kemungkinan besar Microsoft akan memperluas jangkauan Seeing AI kepada penyandang tunanetra di seluruh dunia.

Fitur selengkapnya tentang Seeing AI sudah secara resmi dipublikasi dalam situs resmi Microsoft sekaligus dengan demonstrasi masing-masing fungsi. Cara kerja aplikasi tersebut adalah memanfaatkan kamera smartphone yang didukung oleh teknologi computer vision seperti yang dikutip oleh The Verge, Jum’at (14/7/2017).

Untuk menggunakannya, penyandang tunanetra tinggal mengarahkan kamera ponsel mereka kepada obyek yang ada di depannya. Jika disana ada orang atau barang, maka ponsel secara otomatis akan memberitahu via suara pemandu. Uniknya bunyi suara tersebut akan bervariasi, tergantung obyek yang dideteksi.

Baca Juga :

Seperti saat dihadapkan pada dokumen, Seeing AI langsung memberikan arahan audio apakah ingin memotret dokumen tersebut, atau ingin mengedit. Seeing AI juga bisa mengidentifikasi produk yang ada di toko melalui barcode. Jika mendeteksi orang, maka dia bisa mengenali apakah teman atau bukan sekaligus mendeskripsikan moodnya saat itu. Untuk memberikan gambaran kondisi lingkungan, Seeing AI dapat mengenali skenario lingkungan sekitar. Fitur terakhir yang sangat bermanfaat, Seeing AI dapat mengidentifikasi nilai mata uang, sehingga penyandang tunanetra bisa dengan mudah melakukan pembayaran dengan uang cash.

SHARE

LEAVE A REPLY