Microsoft Bantu Game Developer Buat Cegah Cheater

Microsoft Bantu Game Developer Buat Cegah Cheater

162
Microsoft Bantu Game Developer

Cheating merupakan istilah yang cukup akrab bagi gamer. Malah, banyak juga gamer yang tidak mau berjuang dan maunya langsung sakti dalam permainan. Karena cheating adalah salah satu aktifitas yang tidak diharapkan oleh game developer, apalagi untuk game berbayar atau item berbayar, maka sang developer harus ekstra dalam membuat sistem game agar tidak kebobolan.

Merupakan kabar gembira, hari ini Microsoft melalui serentetan update pada Windows 10 Fall Creator akhirnya merilis sebuah API ditujukan bagi para pengembang game. API tersebut sangat berguna untuk menjegah cheater khususnya di platform Windows. API tersebut berkerja pada level sistem dan dinamakan sebagai Microsoft TruePlay.

Melalui Windows Dev Center, seperti yang kami kutip dari ArsTechnica, 22 Oktober 2017, Microsoft membeberkan beberapa fitur yang dimiliki oleh TruePlay.

Dengan memanfaatkan API tersebut developer bisa membuat aplikasi game mereka sebagai sebuah proses yang terproteksi. Selain itu API juga akan memutus beberapa rangkaian metode yang biasa digunakan untuk cheating dengan cara mencegah program luar yang dipandang sebagai pengalih memori game. Lebih mengesankan lagi karena TruePlay dapat memantau sesi game atas perilaku dan manipulasi yang kerap terjadi pada skenario aktifitas cheating.

Meskipun demikian tetap ada syaratnya. TruePlay hanya tersedia bagi developer yang memakai apa yang disebut sebagai Universal Windows Platform. Para pengembang diberi 2 opsi yaitu mengaplikasikan sistem tersebut pada seluruh platform game atau hanya memilih sebagian saja, misalnya hanya menerapkan di game multiplayer dan lain sebagainya.


Baca Juga Need For Speed Payback Hadir di PC, Berikut Spek yang Dibutuhkan


Konsekuensinya tentu berpengaruh terhadap konsumen game yang memakai OS Windows. Mereka harus membolehkan TruePlay untuk berjalan pada sistem yang bisa dihidupkan di menu “Game Monitor”. User yang tidak memilih proses monitor tersebut tidak akan bisa memainkan game yang sudah mengimplementasikan API TruePlay dan sistem akan memberikan notifikasi “turning this off may limit the games you can play.”

Penerapan ini mungkin cukup menyulitkan dan menimbulkan malah privasi karena ketika cheating terdeteksi maka sistem otomatis akan mengirimkan informasi user ke developer. Pun demikian Microsoft berjanji tidak akan mengirim data apapun kecuali dengan ijin user itu sendiri.

 

SHARE

LEAVE A REPLY