Microsoft Angkat Bicara Mengenai Ransomware

Microsoft Angkat Bicara Mengenai Ransomware

280
Microsoft Mengenai Ransomware

Kreasitekno.com – Microsoft yang menjadi perusahaan pembuat sistim operasi terbanyak digunakan perangkat komputer, angkat bicara mengenai fenomena wabah ransomware wannaCry yang menyerang sistim operasi Windows miliknya di berbagai penjuru dunia.

Pihaknya menganggap kejadian ini adalah kesalahan fatal yang diakibatkan lalainya pemerintahan Amerika dalam melindungi data pada software sehingga bisa jatuh ketangan pelaku kejahatan (Hacker). Anggapan ini diutarakan pada hari senin 15 Mei 2017 oleh kepala divisi bagian hukum serta presiden Microsoft Brad Smith, dikutip dari LA Time.

Penyebab adanya Tudingan microsoft tersebut karena WannaCry atau sebutan lainnya WanaDecryptor, sebuah ransomware yang sekarang menyebar dan membuat kekacauan diberbagai objek vital dunia, awalnya disebabkan karena Tool milik NSA sebuah badan intelejen AS yang berhasil dijebol kelompok Hacker Shadow Broker yang terjadi pada bulan April lalu. Data-data yang berisi celah keamanan pada Windows tersebut dibocorkan sehingga dapat disusupi.

Pihak Microsoft sendiri juga mengklaim bahwa antisipasi untuk mengatasi celah keamanan ini telah di rilis melalu patch untuk windows sejak dua bulan yang lalu. Sehingga dengan adanya hal ini pihaknya juga menyalahkan teknisi IT perusahaan yang sekarang terserang Ransomware tidak mengindahkan update pada sistim operasinya.

Dalam kesempatan tersebut Brad Smith juga memberikan himbauan kejahatan cyber seiring waktu semakin berkembang sehingga tidak ada cara lain untuk mengantisipasinya yakni hanya dengan memperbaharui sistim komputernya, jika tidak tentunya sistim kita kalah canggih dibanding mereka.

Selain itu, bagi pemerintahan adanya kejadian ini bisa dijadikan peringatan akan bahaya keamanan didunia siber yang dapat mengancam, oleh sebab itu perlu adanya peraturan yang ketat terkait kejahatan ini.

SHARE

LEAVE A REPLY