Ternyata Menggunakan Smartphone Saat Berlibur Bisa Membuat Liburan Lebih Berkesan!

Ternyata Menggunakan Smartphone Saat Berlibur Bisa Membuat Liburan Lebih Berkesan!

688

Wah, ternyata dengan menggunakan smartphone saat berlibur kamu bisa merasa berlibur lebih lama!

Kreasitekno.com — Menurut penelitian terbaru dari tim University of Texas yang bekerja sama dengan perusahaan penyewaan liburan HomeAway, menggunakan smartphone saat berlibur ternyata bisa membuat kenangan liburan seseorang lebih tahan lama. Dengan catatan, penggunaan smartphone ini harus dalam porsi yang tepat.


Baca Juga: Korban Selfie Mematikan Paling Banyak Terjadi di Negara Ini!


Saat berlibur, banyak orang yang tidak mau lepas dari ponsel mereka–biasanya tujuannya adalah untuk menggunakan kamera. Tim peneliti ini telah melakukan survey kepada lebih dari 700 orang yang berlibur saat musim panas, dan menyimpulkan bahwa mereka yang mengambil foto atau ber-selfie di pantai mengingat rincian perjalanan mereka 40 persen lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mendokumentasikan liburan mereka sama sekali.

Smartphone Saat Berlibur

Namun, dunia tidak terlihat lebih baik dengan filter Instagram, dan menghabiskan waktu terlalu banyak di ponsel juga bisa mengurangi pengalaman liburan. Sesuai hasil penelitian, mereka yang menghabiskan lebih dari dua jam dengan perangkat ponselnya hanya mengingat 26 persen lebih baik pengalaman liburannya dibandingkan mereka yang menahan diri.


Baca Juga: Bagi Para Pengguna Gadget, Waspadai Gejala Tech Neck Ini!


Oh ya, jangan pernah membawa pekerjaan saat berlibur ya! Mereka yang membawa pekerjaan turut serta dalam berlibur akan lebih kesulitan dalam mengingat perjalanan mereka daripada mereka yang hanya sesekali memeriksa email.

Art Markman, profesor psikologi dari University of Texas yang merupakan ketua dari penelitian tersebut, mengatakan bahwa ilmu studi kenangan adalah pemeriksaan ekstensif pertama dari apa yang membuat liburan berkesan.

Vacation Selfie

Sebelumnya, sebagian besar penelitian psikologis pada liburan difokuskan pada suasana hati dan manfaat kesehatan dari melakukan perjalanan liburan tersebut. Namun kesempatan studi bersama HomeAway telah menghasilkan wawasan berharga mengenai bagaimana kenangan itu dibuat, dari dampak ilmiah selfie sampai destinasi-destinasi wisata yang paling memorable.

Dan ternyata, jumlah uang yang dihabiskan untuk berlibur tidak memiliki efek berarti dalam membuat liburan yang berkesan. Perjalanan yang dilakukan secara spontan tetap bisa membuatnya menyenangkan. Mereka yang melakukan perjalanan untuk perayaan atau tujuan tertentu juga akan mengalami ingatan emosional yang baik dari liburannya.

Jadi, tidak ada salahnya menggunakan poselmu untuk mengambil beberapa selfie saat kamu berlibur. Namun, jangan gunakan terlalu berlebihan ya, karena ada hal-hal yang lebih indah di luar sana daripada layar ponselmu 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY