Mengenal Apa Itu Ransomware Dan Cara Menghindarinya

Mengenal Apa Itu Ransomware Dan Cara Menghindarinya

3869
Apa Itu Ransomware

Kreasitekno.com – Mendadak menjadi bahan pembicaraan banyak kalangan, sebenarnya apa itu Ransomware yang keberadaannya sekarang ditakutkan oleh seluruh pengguna jaringan komputer di dunia. Meski termasuk bukan barang baru, namun dengan banyak ditemukan berbagai variannya yang mengancam, sudah menjadi keharusan bagi kita yang mengandalkan kegiatan didunia maya untuk mengenali serta mempelajari bagaimana untuk menghindarinya.

Ransomware adalah salah satu jenis dari malware yang kemampuan utamanya bisa membatasi pengguna untuk mengakses file,aplikasi serta program dikomputernya. Serangan ransomware diantaranya dapat dikirimkan oleh hacker melalui pengiriman Email yang berisi link, saat link tersebut di klik penerima email seketika ransomware akan terinstal dan menginfeksi komputernya.

Selanjutnya, file atau program penting dalam komputer korban layaknya menjadi tersandera karena diekripsi ramsomware dan tidak bisa diakses sama sekali. Tentunya hal ini bagi sebuah sebuah perusahaan atau penyedia layanan berbasis internet akan menjadi musibah yang besar karena kerja sistim komputerisasinya terhenti dan berbagai file data penting lenyap seketika.

Parahnya lagi, penjahat cyber yang menanamkan ransomware umumnya akan memberikan peringatan berupa notifikasi di komputer yang mengancam akan menghanguskan data-datanya dalam waktu tertentu jika korban tidak mau menebus dengan sejumlah uang.


Baca Juga Waspada Darurat Ransomware Telah Hinggap Di Indonesia


Antisipasi Untuk Menghindari Ransomware

Beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari terjangkitnya komputer karena Ransomware diantranya adalah sebagai berikut :

  • Hati-hati terhadap tautan atau link yang dikirimkan dalam email. Pastikan terlebih dahulu email dikirim dari alamat terpercaya atau dari pengirim yang kita kenal.
  • Waspadai juga saat mengakses situs-situs yang dikunjungi di internet, karena penyebaran ransomware juga bisa melalui tautan dalam link download.
  • Instalkan software anti virus atau anti malware dan pastikan telah update menggunakan versi paling baru.
  • Karena ransomware ini seringkali menyerang komputer dengan sistim operasi Windows, pastikan windows yang terinstal juga telah terupdate. Microsoft sebagai pembuat sistim operasi ini juga telah menyediakan patch terbaru yang bisa menutup celah keamanan yang bisa dimasuki malware ini.
  • Buat backup file data-data penting yang dimiliki dengan berkala. Dan jangan lupa simpan hasil backupan di tempat lain selain di perangkat yang biasa dipergunakan agar tidak terkena dampak serangan.
SHARE

LEAVE A REPLY