Mengenal Apa Itu Fidget Spinner, Bermanfaat Atau Tidak ?

Mengenal Apa Itu Fidget Spinner, Bermanfaat Atau Tidak ?

964
Apa Itu Fidget Spinner

Kreasitekno.com – Sesosok benda bernama Fidget Spinner saat ini tengah hangat diperbincangkan di berbagai tempat. Ada sebagian orang yang mengatakan benda tersebut adalah hanya sekedar mainan belaka, dan ada pula sebagian orang lagi yang mengatakan bahwa benda tersebut adalah mainan yang juga berfungsi sebagai alat terapi kesehatan, benarkah ?

Terlepas dari kedua pendapat tersebut, saat ini Spinner di Indonesia telah menjadi salah satu alat penghibur yang populer dimainkan segala kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi, apa itu Spinner ? adalah sebuah mainan yang dimainkan di jari tangan dengan cara diputar. Kabarnya saat spinner berhasil berputar beberapa saat dijari pemainnya, dapat menciptakan kesan menyenangkan tersendiri karena telah berhasil menjaga keseimbangannya.

Benda ini pertama kali ditemukan sebetulnya sudah dari tahun 1996 oleh perempuan bernama Catherine Hettinger. Namun kala itu alat tersebut ia namakan Spinning De-stressor Finger Toy, dan terdaftar namanya dalam hak paten hingga tahun 2005, selanjutnya ia pun tidak melanjutkan masa pendaftarannya hak patennya.

Meski begitu, mengenai siapa dibalik penemu Fidget Spinner sebenarnya hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Pasalnya alat yang di ciptakan Catherine Hettinger tersebut diberitakan wujudnya tidak persisi sama seperti Spinner yang saat ini dimaksud.

Beberapa media mengatakan Spinner ini adalah bukan mainan seperti biasa, karena dibalik menyenangkannya saat dimainkan, menyimpan juga beberapa manfaat yang kabarnya dapat menunjang sisi positif dalam kesehatan. Diantaranya mengurangi kegelisahaan, kecemasan, menghilangkan rasa bosan, hingga dapat membantu menurunkan kadar stress seseorang.

Hal inipun seketika memicu bahan perdebatan, karena alih-alih bermanfaat beredar kabar mainan ini juga malah dapat menimbulkan bencana. Diberitakan di negara bagian Texas Amerika Serikat, komponen kecil pada Spinner tidak sengaja tersedak masuk kedalam tubuh seorang anak berumur 10 tahun, hingga untuk mengeluarkannya dibutuhkan tindakan medis berupa operasi. Alhasil karena kejadian ini, beberapa sekolah disana melarang penggunaan Spinner kepada para para muridnya.


Baca Juga  5 Permainan Berteknologi Canggih Ini Wajib Kamu Mainkan!


Sedangkan mengenai kabar yang menyebutkan Spinner ini dapat bermanfaat untuk sisi kesehatan, ternyata juga tidak sedikit para praktisi medis yang menepisnya. Karena hingga saat ini belum ada penelitian secara khusus yang membuktikannya.

SHARE

LEAVE A REPLY