Menarik! Rute Perjalanan Migrasi Hewan Dianimasikan (Video)

Menarik! Rute Perjalanan Migrasi Hewan Dianimasikan (Video)

381
Menarik! Beginilah Ketika Rute

Sebagai ilmuan ataupun peneliti, pengamatan pergerakan hewan mungkin sudah biasa dan punya data-datanya. Akan tetapi bagaimana jika perjalanan hewan tersebut selama proses migrasi dianimasikan dalam sebuah peta bumi?

Hal ini akan menjadi sangat menarik. Bukan hanya dilingkup para ilmuan dan peneliti, akan tetapi juga sangat menarik jadi tontonan bagi masyarakat umum.

Apa yang ditunjukkan dalam video animasi di bawah ini adalah rekaman animasi dari sekitar 150 spesies hewan dari seluruh dataran bumi yang migrasi dari satu titik ke titik yang lain. Setidaknya bisa disimpulkan bahwa mereka bermigrasi tak pandang batas dan wilayah apalagi memerlukan visa dan paspor sebelum menyeberang ke satu benua ke benua lain.

Peta tersebut merupakan hasil pelacakan yang dibagikan oleh 11 ribu peneliti dari berbagai negara. Seperti yang ditunjukkan dalam video, garis yang berwarna pink adalah jejak pergerakan hewan yang menempuh jarak setidaknya 310 mil dalam satu arah dengan waktu tempuh kurang lebih 45 hari.

Video tersebut menunjukkan setidaknya 8.000 jejak yang dikumpulkan selama 10 tahun. Anda bisa melihat garis-garis yang membentang dari benua Afrika ke Turki ataupun dari Kanada ke Amerika. Cukup mengesankan.

Dibalik semua proses tersebut, ternyata para ilmuan telah memasang alat pelacak canggih. Jika dulu pelacakan dilakukan dengan pemancar radio, sekarang tidak lagi. Para ilmuan sudah menggunakan GPS dan satelit untuk merekam jejak tersebut. Dalam kasus ini yang digunakan adalah kombinasi antara GPS dan teknologi penanda elektronik yang bernama Argos Doppler. Penanda itulah yang kemudian mengirimkan data ke satelit.


Baca Juga Desain Drone Ternyata Terinpirasi dari Perilaku Binatang, Lho!


Semua video animasi tersebut dikelola oleh Movebank dan dapat diakses secara gratis melalui movebank.org. Sementara sang pembuat animasi, Matthias Berger (www.schaeuffelhut-berger.de) mengolahnya menggunakan software berbasis kode Java/OpenGL.

Fakta menarik lainnya, dari total 150 hewan yang terekam jejaknya tersebut sebagian besar adalah burung, seperti yang disampaikan oleh The Verge, Senin (21/8/2017). Ada banyak manfaat dari pelacakan pergerakan hewan seperti yang dilakukan. Proses migrasi tersebut bisa menjadi indikasi perubahan cuaca, wilayah perburuan hewan ataupun fregmentasi habitat.

SHARE

LEAVE A REPLY