Melirik Media Penyimpanan Super Kilat Produksi Intel: Optane SSD 900P

Melirik Media Penyimpanan Super Kilat Produksi Intel: Optane SSD 900P

166
Intel: Optane SSD 900P

Sebelum Optane SSD 900P Intel sudah meluncurkan Intel Optane Memory, yaitu sebuah memory fisik dan software modul untuk meningkatkan performa hardisk. Berbeda dengan Intel Optane Memory, Optane SSD 900P adalah sebuah drive besutan Intel yang baru dikenalkan bagi siapa saja yang membutuhkan media penyimpanan dengan kecepatan read atau write super kilat.

SSD (Solid State Drive) ini memiliki rating kecepatan baca sekuensial hingga 2,500MB/s dan rating kecepatan tulis sekuensial hingga 2,000MB/s. Itu merupakan kecepatan yang dibutuhkan untuk penggunaan media penyimpanan khusus.

Meskipun rating tersebut masih ada yang mengungguli seperti SSD Samsung 960 Pro-series (3,500MB/s read dan 2,100MB/s write), milik Intel kali ini sangat berbeda. Berkat memori 3D XPoint, Optane SSD 900P tergolong unik karena rata-rata SSD masih menerapkan memori berteknologi NAND. Walhasil, Optane SSD 900P sangat mulus untuk kebutuhan-kebutuan spesifik seperti 3D rendering, load game super kilat, dan menjalankan program simulasi yang kompleks, seperti yang diterangkan oleh Techradar, 28 Oktober 2017.

Intel mengklaim bahwa SSD miliknya kali ini mampu meningkatkan produktifitas dengan tajam. Sebut saja ketika dipakai untuk render sebuah klip berdurasi 7 detik dengan jumlah 1.1 milyar partikel yang biasanya memakan waktu 17.4 jam, kini dapat dipangkas menjadi 6.3 jam saja.

Melihat kualitasnya yang begitu meyakinkan, ternyata SSD tersebut tidak ditawarkan bersamaan dengan kuantitas (kapasitas penyimpanan) yang mungkin semua orang harapkan. Pada rilis perdananya, Intel hanya menawarkan SSD super kilat ini dengan kapasitas penyimpanan 280GB dan 480GB saja. Pun demikian jangan tanya harganya yang selangit.


Baca Juga Inilah Wujud SSD Portabel Anti Air Besutan Silicon Power Bernama Bolt B80


Optane SSD 900P versi PCIe x4 3 dibandrol dengan harga $389 untuk kapastias 280GB dan $699 untuk kapasitas 480GB. Selain itu pembeli juga bisa memilih model Optane SSD 900P 2.5-inch 280GB U.2 dengan harga $389. Meskipun harga tersebut lebih tepat ditujukan bagi kalangan enterprise, namun tidak menutup kemungkinan juga menarik perhatian pemakai individual.

Pertama kali Intel mengenalkan Optane SSD 900P dengan melakukan demonstrasi menggunakan game Star Citizen pada CitizenCon di Frankfurt, Jerman.

SHARE

LEAVE A REPLY