Masih Takut Pakai Linux, Ubuntu Budgie Punya Solusinya

Masih Takut Pakai Linux, Ubuntu Budgie Punya Solusinya

517
Ubuntu Budgie

Kebanyakan orang masih enggan memakai OS Linux untuk desktop kesayangannya. Mereka datang dengan satu alasan yang memang masuk akal, yaitu pengoperasiannya yang tidak mudah. Menggunakan Linux tidak seperti ketika menggunakan Windows ataupun Mac yang segalanya sudah siap saji.

Dengan Linux kita harus berurusan dengan ‘Terminal’ untuk menjalankan suatu program dengan mengetikkan beberapa command line.

Nah, selama yang kita kenal dalam sejarah Linux, Ubuntu merupakan solusi bagi orang yang tidak mau terlalu repot karena hampir semua programmnya sudah disajikan dalam bentuk graphical user interface (GUI).

Apalagi untuk versi terbarunya, Ubuntu sudah semudah seperti halnya kita mengoperasikan Windows ataupun Mac. Meskipun dari segi tampilan dan cara operasi sudah lebih mudah, Ubuntu masih menjadi kendala bagi mereka yang memiliki spesifikasi hardware komputer yang minim.

Soal ke-stabilannya, Ubuntu tidak diragukan lagi karena terus mendapatkan support update dari komunitas. Ingat bahwa Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang memiliki komunitas dan pengguna paling besar.

Setelah mengetahui keampuhan Ubuntu di atas, sekarang kita akan melirik sebuah distro Linux baru yang dikembangkan oleh komunitas asal Inggris, yaitu Ubuntu Budgie yang sebelumnya dikenal dengan nama Budgie Remix.

Ubuntu Budgie ini sangat unik yang tidak mengikuti alur indukannya, yaitu Canonical (induk perusahaan dari Ubuntu). Ubuntu Budgie dikembangkan secara independen oleh komunitas Solus. Karena inti program yang digunakan diambil dari Ubuntu maka Ubuntu Budgie juga sangat stabil, seperti yang disampaikan oleh LinuxInsider, Sabtu (19/8/2017).

Ubuntu Budgie memiliki beberapa kelebihan. Yang paling mencolok adalah tampilannya yang clean, fresh dan mudah digunakan bahkan oleh pemula.

Baca Juga :

Dilihat dari persyaratan hardware juga sangat fleksibel. Artinya pengguna bisa memilih versi 32-bit maupun 64-bit. Untuk yang versi 32-bit (Ubuntu Budgie 17.04) hanya memiliki ukuran instalasi sebesar 1.5 Gb saja dan dapat diunduh dalam bentuk file ISO.

OS ini mampu berjalan pada spek hardware kecil, baik untuk desktop dengan chipset Intel maupun AMD. Yang paling penting, OS ini bisa berjalan dengan RAM kurang dari 2 GB. Jika anda sedang mencari alternatif OS Linux yang ringan, maka Ubuntu Budgie bisa menjadi alternatif.

SHARE

LEAVE A REPLY