Ini Lho, 10 Makanan Dengan Kandungan Vitamin K Tertinggi!

Ini Lho, 10 Makanan Dengan Kandungan Vitamin K Tertinggi!

1671
makanan yang mengandung vitamin K

Vitamin K adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, khususnya dalam menyembuhkan dan menghentikan luka pendarahan.

Kreasitekno.com — Tahukah kita seberapa pentingnya peran dari vitamin K? Bilamana suatu ketika tangan atau kaki kita lecet dan berdarah, kemudian setelah dibiarkan beberapa saat darah yang mulanya menetes tersebut secara perlahan mulai terhenti dan mengering. Peran inilah yang terdapat pada vitamin K, yakni berfungsi sebagai pembeku darah. Tanpa adanya vitamin ini, darah akan terus menerus keluar dari tubuh saat mengalami luka. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa vitamin ini memiliki peranan lain dalam menjaga tulang agar tetap kuat, khususnya pada orang lanjut usia. Hanya saja peranan ini harus dikombinasikan bersama dengan kalsium dan vitamin D.


Baca Juga: 5 Tips Mencegah dan Mengatasi Penyakit Pikun (Gangguan Memori)


Dokter Josh Axe, seorang pakar nutrisi dan pengobatan natural bersertifikat, menyatakan bahwa ada dua jenis vitamin K yang biasa kita konsumsi sehari-hari, yakni vitamin K1 dan K2. Vitamin K1 bisa kita temukan dalam sayur-sayuran. Sedangkan vitamin K2 yang juga dikenal dengan istilah menaquinone bisa ditemukan dalam produk susu maupun hasil produksi bakteri yang terdapat di dalam usus. “Ada juga versi sintetis vitamin K3 yang saya tidak rekomendasikan. Sebaiknya, konsumsi dari sumber alami saja,” kata dr. Axe.

sumber-vitamin-k-bisa-ditemukan-dalam-15-makanan-ini

Berikut ini daftar makanan yang diketahui paling banyak mengandung vitamin K berdasarkan informasi dari dr. Axe:

1) Sayuran berdaun hijau (kale dan sawi)
½ cangkir: 444 mcg

2) Natto (fermentasi kedelai)
1/4 cangkir: 500 mcg

3) Daun bawang (Scallions)
½ cangkir: 103 mcg

4) Kembang kol
½ cangkir: 78 mcg

5) Kubis
½ cangkir: 82 mcg (lebih dari 100% DV)

6) Brokoli
½ cangkir: 46 mcg

7) Susu (fermentasi)
½ cangkir: 10 mcg

8) Prune
½ cangkir: 52 mcg

9) Mentimun
Satu buah ukuran sedang: 49 mcg

10) Basil kering
1 sdm: 36 mcg

Kebutuhan vitamin K juga bergantung berdasarkan usia dan jenis kelamin, dan kondisi setiap individu. Seperti diantaranya yakni ibu hamil, menyusui, dan orang yang sedang sakit dimana membutuhkan asupan nutrisi khususnya vitamin ini dalam jumlah yang lebih banyak.


Baca Juga: Inilah Cara Ampuh Mencegah Stress dan Depresi!


Berikut rekomendasi dari Food and Nutrition Board Institute of Medicine mengenai jumlah kebutuhan vitamin K yang harus tersedia dalam tubuh berdasarkan rentang usia dari bayi hingga dewasa:

Bayi

0 sampai 6 bulan: 2.0 mikrogram perhari (mcg/hari)

7 sampai 12 bulan: 2.5 mcg/hari

Anak-anak

1 sampai 3 tahun: 30 mcg/hari

4 sampai 8 tahun: 55 mcg/hari

9 sampai 13 tahun: 60 mcg/hari

Remaja dan dewasa

Pria dan wanita 14 sampai 18 tahun: 75 mcg/hari
19 tahun ke atas: 90 mcg/hari untuk wanita, termasuk ibu hamil dan menyusui. Pria di kelompok usia yang sama memerlukan 120 mcg/hari.

SHARE

LEAVE A REPLY