Layanan WhatsApp Payment Sudah Muncul Di Versi Beta

Layanan WhatsApp Payment Sudah Muncul Di Versi Beta

328
Layanan WhatsApp Payment

Kabar mengenai alat pembayaran dan layanan transfer antar bank (P2P money transfer) milik WhatsApp sudah terdengar semenjak beberapa bulan lalu.

Hari ini layanan tersebut sudah muncul di WhatsApp Beta versi 2.17.295 seperti yang telah diungkap oleh Bgr via WABetaInfo, Senin (21/8/2017). Dari apa yang telah dilaporkan, layanan tersebut akan launching pertama kali di India.

Alasannya sangat kuat karena dalam versi beta tersebut disebutkan bahwa WhatsApp akan menggandeng Unified Payments Interface (UPI), sebuah perusahaan yang memberikan layanan transfer antar bank di India. Dalam screenshot dibawah ini jelas tertulis kalimat “Immediate bank to bank transfer with UPI”.

wa

Screenshot tersebut menegaskan bahwa negara India merupakan prioritas pertama peluncuran sistem pembayaran P2P WhatsApp. Setelah kita mengetahui bahwa P2P juga dapat digunakan untuk sistem pembayaran, maka WhatsApp Payment dapat digunakan untuk belanja secara online.

Meskipun demikian sistem pembayaran tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa digunakan secara publik. Setidaknya, ketika fitur tersebut sudah muncul dalam versi Beta, maka kemungkinan besar akan hadir dalam waktu dekat.

Bank India ternyata juga cukup kesulitan dalam memfasilitas UPI agar bisa diintegrasikan dengan WhatsApp, karena sistem bank tersebut harus di merger terlebih dahulu dengan aplikasi perpesanan. Sekarang di India semua bank telah memiliki aplikasi UPI. Seorang senior State Bank of India (SBI) saat ini tengah mendiskusikan semua proses tersebut.

Sedikit mengungkap tentang WhatsApp, merupakan aplikasi messenger yang memiliki reputasi tinggi yang dimiliki oleh Facebook. India adalah negara terbesar pengguna WhatsApp. Oleh karena itu India menjadi prioritas atas sistem pembayarannya kali ini.


Baca Juga Paypal Hadirkan Solusi Penjualan Online Secara Internasional


Terlebih dulu Facebook sudah menerapkan sistem pembayaran dalam aplikasi Messenger-nya yang ditujukan untuk masyarakat di US sejak tahun 2015. Sampai sekarang sistem pembayaran dalam Messenger Facebook tersebut juga belum diekspansi ke Indonesia. Mungkinkah WhatsApp payment akan mendarat di Indonesia? Mengingat pengguna WhatsApp di Indonesia juga tinggi? Kita tunggu saja jawabanya sampai sistem tersebut sudah benar-benar dirilis di India.

SHARE

LEAVE A REPLY