Kumpulan Review Aplikasi Pertanian Android Terbaik & Terbaru 2016

Kumpulan Review Aplikasi Pertanian Android Terbaik & Terbaru 2016

574

KreasiTekno.com – Indonesia adalah negeri agraris dimana kebanyakan mata pencaharian warganya adalah sector pertanian. Petani ialah orang yang mengelola sawah seperti menanam, merawat, serta memanen berbagai hasil pertanian seperti padi, cabai, singkong dan banyak lagi. Pertanian di Indonesia pun semakin berkembang pesat. Perlahan namun pasti, ada banyak penemuan bidang pertanian yang mendukung untuk berkembangnya pertanian di negeri kita.
Perkembangan teknologi tersebut melahirkan makin diperbaruinya sarana pertanian entah itu peralatan, cara bercocok tanam bahkan hingga aplikasi mobile yang didukung oleh OS Android. Ada aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk para petani untuk lebih meningkatkan produktifitas. Jangan salah, karena aplikasi ini buah karna putra bangsa.
Aplikasi Pertanian Android Terbaik & Terbaru 2016

kumpulan aplikasi pertanian
kumpulan aplikasi pertanian

Mata Daun
Aplikasi pertanian android untuk pertanian karya putra bangsa ini diberi nama Mata Daun. Dengan menggunakan aplikasi ini petani dapat memperitungkan dengan pasti berapakah jumlah pupuk yang diperlukan untuk tanaman misalnya saja padi, kedelai, dan sebagainya. Cara menggunakannya tidaklah rumit, kita hanya perlu memfoto daun tanaman yang hendak kita perhitungkan saja. Disamping itu terdapat fitur yang menarik perhatian yaitu memperhitungkan kandungan klorofil dan niterogen yang terdapat pada daun. Sekali lagi hanya dengan memfotonya saja, aplikasi ini akan mendeteksi warna yang ada pada daun.
Aplikasi ini cukup membantu petani meskipun tingkat keakuratannya hanya 80%. Hal ini dinilai begitu menguntungkan dibanding mesin buatan jepang yang harganya bisa mencapai 20 juta rupiah untuk fungsi yang serupa dengan aplikasi ini.
Namun untuk menginstall aplikasi ini diperlukan spesifikasi ponsel yang lumayan yaitu android 4.0, ram minimal 1GB, rom 2GB dan kamera minimal 5MP.

Petani
Aplikasi yang bernama “Petani” ini digagas dan dikembangkan hasil dari kreasi Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Aplikasi ini berbasis layanan pesan singkat atau sering dikenal dengan SMS yang fungsinya adalah jembatan penghubung dan media komunikasi antara pihak petani dengan pakar pertanian. Dengan demikian petani dapat lebih produktif lagi dalam meningkatkan hasil pernaniannya.
Bahkan hebatnya lagi pihak fakultas pertanian UGM ini menyediakan mobil khusus yang digunakan untuk meninjau secara langsung kondisi pertanian dari petani yang berkonsultasi tadi.

Aplikasi ini tergolong ringan dengan kapasitas hanya 5.5MB saja dan dapat dijalankan pada android versi 2.2
Untuk mendapatkan aplikasi keren buatan anak bangsa tersebut kita hanya perlu mencarinya pada playstore. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY