Kualitas Sub Indonesia Kimi no Na Wa Yang ‘Berantakan’ Menjadi ‘Drama’ Terbaru...

Kualitas Sub Indonesia Kimi no Na Wa Yang ‘Berantakan’ Menjadi ‘Drama’ Terbaru di Internet

5683

Kualitas sub Indonesia Kimi no Na Wa ternyata cukup berantakan. Semoga nanti ada perbaikan ketika dirilis.

Kreasitekno.comKimi no Na Wa menjadi film anime yang paling dinanti-nanti oleh para fans dan penikmat film anime Indonesia. Setelah sebelumnya CGV Blitz mengumumkan bahwa film ini akan tayang di Indonesia, banyak netizen yang memberikan tanggapan positif—HYPE. Sayangnya, sepertinya pengalaman kita sebagai penonton akan sedikit terganggu gara-gara kualitas Sub Indonesia Kimi no Na Wa.


Baca Juga: Yuk, Kita Lihat Indahnya Lokasi-Lokasi dalam Kimi no Na Wa di Dunia Nyata!


Beberapa hari lalu, distributor film Encore Film Indonesia mulai merilis trailer Kimi no Na Wa dengan sub Indonesia melalui channel Youtube-nya. Berikut ini adalah trailer-nya:

Bagaimana menurutmu trailer di atas? Cukup bagus? Sayangnya, ada fans yang mendapati beberapa kejanggalan pada kualitas Sub Indonesia Kimi no Na Wa. Seperti misalnya ketika Mitsuha meneriakkan keinginannya untuk menjadi anak Tokyo:

15109420_10207341813850765_2574879140410868976_n

Translasi dengan sub Bahasa Inggris sudah cukup tepat—dan bagi kalian yang tidak bisa bahasa Jepang, bisa menggunakan sub tersebut sebagai acuan. Kalau diartikan bukan “Tolong buat aku tampan. Anak Tokyo dalam hidupku selanjutnya.” tapi lebih tepat “Tolong buat aku menjadi anak Tokyo tampan dalam hidupku selanjutnya.” Perbedaan tanda baca saja sudah memberikan arti lain yang tidak sesuai konteks.

Kesalahan lain juga terlihat pada beberapa bagian lain. Seperti misalnya ketika teks di bawah ini muncul:

15107438_1819364081609858_830476778163950617_n

Selain artinya yang meleset, ada typo satu huruf.

Atau mungkin yang ini:

kualitas sub indonesia kimi no na wa

Rasanya, ada yang meleset ya?

Tak ayal, hal ini pun menciptakan ‘drama’ hangat dikalangan netizen. Beberapa reaksi netizen yang menyindir seperti ini:

kualitas sub indonesia kimi no na wa kualitas sub indonesia kimi no na wa

Netizen pun banyak yang mengomentari kualitas sub Indonesia Kimi no Na Wa baik pada fanspage CGV Blitz atau channel Youtube Encore Film Indonesia. Berikut ini beberapa di antaranya:

“Siapa yang menerjemahkan trailer ini? Banyak sekali yang harus diperbaiki”

“Ada fitur buat menyembunyikan subtitle gak?”

“Subnya bikin harapan gw hancur.”

“Subnya varokah”

Dan bahkan hal ini sampai ditanggapi oleh salah satu fansub ‘legendaris’ Indonesia, Se~No!! Fansub:

kualitas sub indonesia kimi no na wa

Sampai saat tulisan ini dibuat, masih butuh 62 like agar Se~No!! Fansubs menggantikan penerjemah Encore. Dan kabarnya, kini Se~No!! Fansubs tengah melayangkan ‘tawaran’ kualitas sub Indonesia Kimi no Na Wa yang lebih baik untuk pihak Encore Film Indonesia.


Baca Juga: Ups, Anak Donald Trump Dibuat Manga Doujin H oleh Orang Jepang!


Sebenarnya, ini juga bukan pertama kalinya pihak Encore Films menyediakan sub yang lumayan berantakan. Beberapa penonton pernah mengeluhkan kualitas sub Indonesia untuk film anime sebelumnya seperti Kingsglaive: Final Fantasy XV dan juga Yu Gi Oh! The Dark Side of Dimensions.

Bagi kalian yang belum tahu, subtitling ini tidak dilakukan oleh pihak CGV Blitz selaku pihak yang menayangkan film, tetapi oleh pihak distributor Encore Film Indonesia. Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh pihak CGV Blitz melalui akun twitter-nya:

kualitas sub indonesia kimi no na wa

Tentunya, kita bersyukur dan berterima kasih karena Encore Film Indonesia mau membawa Kimi no Na Wa agar tayang di Indonesia. Akan tetapi, sayang sekali bukan kalau kualitas sub Indonesia Kimi no Na Wa berantakan seperti dalam trailer? Beberapa netizen pun melayangkan sebuah ‘Survey Pendapat Penonton Mengenai Kualitas Subtitle Pada Film-Film Asia di Bioskop Indonesia’ yang bisa kamu isi melalui link ini. Nantinya hasil survey tersebut akan dikirimkan ke pihak Encore Film Indonesia supaya jadi bahan pertimbangan dan evaluasi.


Baca Juga: Gambar Harvest Moon Back To Nature Ini Benar-Benar Bikin Ngakak!


Bukannya komplain atau mengecam, tetapi tindakan ini hanyalah sebuah masukan agar kualitas sub Indonesia untuk film-film Asia—termasuk anime—menjadi lebih baik lagi. Dan semoga nantinya ada perbaikan untuk kualitas sub Indonesia Kimi no Na Wa. Bukankah begitu? Menurutmu sendiri bagaimana?

#MakeAnimeGreatAgain! #Pkirkanlah


UPDATE: RESMI, Encore Film Indonesia Gaet Fans Untuk Perbaiki Kualitas Sub Kimi No Na Wa!

SHARE

LEAVE A REPLY