Konsumen Indonesia Masih Kurang Berani Bertansaksi di e-Commerce

Konsumen Indonesia Masih Kurang Berani Bertansaksi di e-Commerce

104
Bertansaksi di e-Commerce

Kreasitekno.com – Meski trend internetan dimasyarakat kita terus mengalami peningkatan yang signifikan, namun nilai transaksi jual beli melalui internet dinegara kita terhitung masih rendah. Hal ini membuat perkembangan eCommerce yang terus bermunculan menjadi terkendala. Seharusnya dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Indonesia bisa berpeluang menjadi negara dengan perkembangan eCommerce terpesat seAsia.

Diantara masalah yang menyebabkannya adalah karena masyarakat Indonesia masih kurang berani bertransaksi secara online. Beberapa hal yang memicu ini terjadi salah satunya karena masih banyak kasus-kasus penipuan dalam dunia bisnis online yang membuat tingkat kepercayaan semakin berkurang.

Ditambah lagi kecenderungan masyarakat kita yang sudah terbiasa membeli suatu barang dengan cara melihat fisiknya terlebih dahulu, memerlukan penjelasan secara langsung dari penjual, hingga menawar sebelum memutuskan untuk membelinya.

Selain itu tidak kalah menggerogoti sektor ini ialah karena masalah Digital Payment atau pembayaran online yang masih belum familiar di rata-rata calon konsumennya, terlebih didaerah luar kota besar. Seperti penggunaan kartu kredit yang paling sering dipakai untuk bertansaksi secara online, hanya segelintir orang saja yang paham menggunakannya.

Sektor infrastruktur sebagai jalur pengiriman barang kepada para konsumen menjadi kendala selanjutnya bagi perkembangan E-Commerce di Indonesia. Struktur negara yang terdiri dari banyak pulau membuat biaya logistik menjadi lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Baca Juga : Kabar Baik bagi Startup Indonesia tentang Modal Ventura China

Meski begitu masih banyak pihak yang memprediksikan pertumbuhan e-Commerce di Indonesia akan terus tumbuh seiring waktu. Di picu dengan semakin bertambahnya segmen masyarakat kelas menengah keatas dan budaya konsumsi yang tinggi. Apalagi negara ini juga menurut data telah menjadi negara dengan pengguna internet ke 4 terbesar seAsia. Adanya support dari pemerintaan serta melimpahnya dana dari investor baik dalam dan luar negri juga menjadi angin segar bagi perusahaan eCommerce untuk berkembang.

SHARE

LEAVE A REPLY