Konsep Brilian Dibalik Ponsel Essential Bikin Samsung dan Apple Was-Was

Konsep Brilian Dibalik Ponsel Essential Bikin Samsung dan Apple Was-Was

400
Konsep Brilian Dibalik Ponsel Essential

Bicara tentang smartphone, nama Samsung dan Apple adalah sebagian yang paling populer di kancah global. Dalam tantangan yang begitu ketat, Bapak Android Andy Rubin sedang mencoba menggeser dominasi kedua brand tersebut melalui startup yang ia dirikan, Essential Phone. Seperti yang dikutip dari CNET, Sabtu (10/6/2017), menangkap pernyataan Rubin bahwa “Inilah moment yang tepat untuk mengusik dominasi kekuasaan duopli tersebut”.

Bukan mustahil bagi rubin, pasalnya perusahaan startup tersebut kini sudah memiliki berbagai amunisi, konsep, ide serta kekuatan nilai valuasi yang bombastis, hingga USD 1 miliar setelah mengantongi sejumlah pendanaan sebesar USD 300 juta. Kekuatan tersebut akan diimplementasikan untuk merilis Essential.

Apa saja yang ditawarkan oleh ponsel tersebut ? Mark Knapp melalui Techradar, Sabtu (10/6/2017) membeberkan sejumlah info menarik tentang ponsel Essential. Salah satu ide unik dibalik Essential yang mungkin menjadi gebrakan adalah konsep anti bloatware.

Bloatware adalah aplikasi-aplikasi sampah bawaan ponsel yang sebenarnya tidak memberikan nilai penting bagi pengguna. Rubin dalam posting blognya menyatakan bahwa “ponsel adalah properti pribadi. Kita tidak ingin memaksa pengguna untuk memiliki apa yang tidak mereka butuhkan”. Ini merupakan terobosan unik, pasalnya hampir semua ponsel yang beredar di pasaran memiliki bloatware yang tidak sedikit. Sehingga belum apa-apa, ponsel sudah terasa berat.

Rubin juga akan fokus pada kualitas frame dengan menggunakan bahan titanium. Titanium dikenal lebih kuat dan tahan terhadap benturan. Saat ini hampir semua ponsel kelas atas memiliki frame dari bahan aluminium, karena itu lebih murah untuk diproduksi. Di sisi lain, bagian ponsel belakang juga akan dibuat dari bahan keramik. Ini memungkinkan sinyal dapat masuk secara optimal dan menambah kesan glamor. Dari dua fitur itu saja, Essential bakal beda dari yang lain karena fitur tersebut tidak dimiliki oleh Samsung ataupun Apple.

Baca Juga :

Proyek lain yang sedang digarap adalah fitur tambahan yang memungkinkan smartphone Essential bisa diintegrasikan dengan perangkat lain seperti kamera 360-degree dan wireless charging dock. Konektor tersebut akan dipoles sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu penampilan ponsel secara keseluruhan. Mungkinkah Essential dapat menggeser Apple dan Samsung? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY