Inilah KITE, Alat Pembersih Sampah Luar Angkasa Buatan Jepang!

Inilah KITE, Alat Pembersih Sampah Luar Angkasa Buatan Jepang!

1243
kite pembersih sampah luar angkasa buatan jepang

Alat Pembersih Sampah Luar Angkasa sedang di uji coba di atmosfir kita. Semoga dengan misi ini, permasalahan sampah luar angkasa bisa cepat teratasi.

Kreasitekno.com — Agensi luar angkasa milik Jepang akan memulai tes teknologi baru pada sebuah alat pembersih luar angkasa. Alat ini akan membersihkan puing–puing sampah yang berserakan di luar atmosfir bumi. Prototype tukang bersih–bersih halaman Bumi ini diberi nama Kounotori Integrated Tether Experiments (KITE). KITE sendiri telah tiba di International Space Station (ISS) pada 12 Desember tahun lalu. Disana, alat pembersih sampah luar angkasa ini akan dicoba oleh para insinyur yang berada di ISS.

Teknologi ini diumumkan pertama kali pada tahun 2014 dimana KITE akan mengeluarkan kabel sepanjang 700 meter. Kabel ini bernama Electro Dynamic Tether (EDT), dimana kabel ini nantinya akan menarik puing–puing di luar angkasa dan membawanya kembali ke atmosfer bumi. Pada ujung kabel KITE akan ada alat yang memandu proses penarikan. Kabel milik KITE ini berinteraksi dengan ionospheric plasma dan medan magnet bumi sehingga tali dimuat arus bisa menarik puing–puing luar angkasa pada ruang hampa. Misi untuk KITE diharapkan bisa berjalan di awal tahun 2020.

jaxa-tether-one

Space Debris, atau biasa disebut dengan sampah luar angkasa menjadi masalah besar untuk agensi luar angkasa dan perusahaan swasta yang bergerak di bidang luar angkasa. Pasalnya potongan kecil dari space debris yang bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi bisa merusak satelit bahkan sebuah International Space Station.

Pada tahun 2013, lebih dari 500.000 potongan space debris yang terdeteksi oleh NASA tersebar di sekitar Bumi. 21.000 diantaranya berukuran lebih dari 10 cm, sisanya potongan – potongan kecil yang berukuran 1 hingga 10 cm. Space debris cukup membahayakan, bahkan di awal tahun lalu, telah memakan korban satelit penelitian milik Jepang.

Hal ini bukan pertama kalinya proposal mengenai pembersih luar angkasa diajukan, sebelumnya cukup banyak pengajuan mengenai tekni untuk membersihkan area luar angkasa dekat Bumi. Salah satu teknik yang cukup populer adalah dengan menggunakan jaring dan ada juga yang menggunakan teknik laser, elektro-dinamis, penarik masal dan berbagai ide yang cukup gila lainnya.

sumber sumber

SHARE

LEAVE A REPLY