Kepala Ayam Ini Jadi Inspirasi Perusahaan-Perusahaan Smartphone dan Mobil Ternama!

395
SHARE

Mulai dari perusahaan smartphone seperti LG sampai perusahaan mobil Mercedes-Benz, semuanya mengembangkan teknologi yang terinspirasi dari kepala ayam ini, lho!

Kreasitekno.com — Jika kamu seorang videografer pastinya sudah sangat familiar dengan istilah stabilizer. Namun yang ingin kami bahas kali ini adalah bagaimana konsep stabilizer itu bisa terjadi secara alami. Bagaikan konsep pesawat yang terinspirasi dari burung, ataupun gagasan helikopter yang berasal dari capung. Dan stabilizer pun ternyata mempunyai versi alaminya sendiri, yakni ayam! Lebih tepatnya: kepala ayam!

kepala ayam chicken body control chicken camera

Ya, rupanya bukan cuma daging dan telur saja yang bisa diambil manfaatnya dari hewan ternak ini. Jika kita lihat lebih cermat, ayam memiliki keunikan pada struktur lehernya. Bisa dibuktikan dengan memegang dan mengangkatnya, lalu goyangkan perlahan ke segala arah dan amati yang terjadi. Kepala ayam tidak serta-merta mengikuti gerak badannya, melainkan bergerak sesuai dengan kehendaknya. Suatu fenomena yang benar-benar unik dan lucu. Jika kamu mempunyai ayam di rumah, lanjutkan percobaan ilmiah ini. Maka bisa jadi kamu sendiri yang akan tertawa.

kepala ayam chicken body control mercedez benz

Bahkan fenomena ini sudah lama menjadi obyek percobaan para peneliti. Memahami dan menganalisa bagaimana mekanisme gerak leher ayam, serta memikirkan potensi ke depannya. Tak hanya sampai di situ, keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa perusahaan raksasa sekelas Mercedes-Benz dan Jaguar. Kedua perusahaan ini ikut memperkenalkannya pada publik melalui sebuah iklan komersial tentang kecanggihan teknologi suspensi yang mereka sandingkan dengan konsep magic body control pada ayam. Teknologi yang meminimalisir pengaruh guncangan yang terjadi dari luar sehingga keadaan ruang interior mobil, terutama pada tempat duduk penumpang masih tetap stabil dan tenang. Hingga kini pun kepala ayam menjadi semacam “ikon” stabilizer alami di dalam dunia fotografi maupun videografi, atau setidaknya bagi mereka yang memahami kinerja gerak kepala ayam.

Hal yang serupa juga terjadi pada LG Mobile, salah satu perusahaan besar ini bahkan menunjukkan lebih detail lagi mengenai percobaan mereka terhadap ayam hingga menjadikannya sebagai inspirasi ke dalam teknologi kamera terbaru mereka yang ter-embed pada smartphone, LG G2. Di dalam sebuah channel resminya di Youtube, LG Mobile Global, host dari iklan komersial yang kreatif nan lucu tersebut menunjukkan tentang bagaimana percobaannya “ekstrim”nya bersama ayam. Bermula dari membuat helm khusus kepala ayam dan memasangkannya dengan kondisi kamera mini juga telah tersemat di atasnya. Selanjutnya ia membawa ayam tersebut ke beberapa tempat untuk kemudian meng”eksekusi”nya. Meletakkannya di ujung boat yang sedang bergerak dengan kecepatan tinggi, mengikatnya pada pembalap motor, ikut merasakan serunya aksi bersepeda di tanjakan ekstrim, arung jeram, bahkan melakukan aksi terjun bebas dari ketinggian ribuan meter hanya untuk menguji kestabilan hasil video yang terekam.

Benar-benar lucu dan menarik. Jika masih penasaran dengan fenomena unggas ini, kamu bisa simak aksi-aksi percobaan lucunya di Youtube dengan keyword “chicken camera“ atau yang sejenisnya.

LEAVE A REPLY