Kecerdasan Buatan Google Translate Telah Menciptakan Bahasanya Sendiri!

Kecerdasan Buatan Google Translate Telah Menciptakan Bahasanya Sendiri!

763
kecerdasan buatan google translate

Siapa yang menyangka kalau kecerdasan buatan Google mampu menciptakan bahasanya sendiri?

Kreasitekno.com –  Tidak dapat dipungkiri kalau AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan Google memang sangat canggih. Setelah sebelumnya kecerdasan buatan tersebut mampu memainkan game dan membuat enkripsi-nya sendiri, kini kecerdasan buatan Google mampu menciptakan “bahasa” miliknya sendiri!. Selengkapnya anda bisa mengecek di gadgetholic.net selaku platform mobile review dan spesifikasi gadget lengkap kesayangan anda.


Baca Juga: Wah, Jepang Berhasil “Hidupkan” Kembali Dinosaurus! (+Video)


Pada bulan September lalu, perusahaan Google mulai meluncurkan sistem Google Neural Machine Translation (GNMT) milik mereka. Sistem ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan Google Translate dalam menerjemahkan berbagai bahasa. Tentunya, jumlah bahasa di seluruh dunia tidaklah sedikit: 103 bahasa. Jika bahasa tersebut saling dihubungkan satu sama lain, akan tercipta setidaknya 5.253 pasang bahasa. “Mengajari” kecerdasan buatan untuk menerjemahkan pasangan bahasa tersebut, belum lagi dengan banyaknya jumlah kata yang ada di setiap bahasa, tentunya akan memakan waktu, memori, dan tenaga yang ekstra besar bukan?

Pada awalnya, Google hanya melatih sistem GNMT dengan beberapa pasang bahasa seperti Inggris-ke-Jepang dan Inggris-ke-Korea. Para peneliti di Google pun bertanya-tanya apakah mereka bisa menggunakan sistem ini untuk menerjemahkan pasangan bahasa yang belum diajarkan pada sistem? Dengan kata lain, bisakah sistem menerjemahkan bahasa Jepang ke Korea tanpa perantara bahasa Inggris? Secara mengejutkan, ternyata bisa! GNMT berhasil menghasilkan terjemahan Jepang-Korea yang cukup bagus meskipun sebelumnya tidak pernah diajarkan.

Hasil yang cukup mengejutkan ini bahkan sampai membuat para peneliti kebingungan. Mereka tidak yakin 100% bagaimana cara kerjanya, karena memahami jaringan kecerdasan buatan sangatlah sulit. Akan tetapi, para peneliti Google berhasil mengintip bagaimana cara kerjanya menggunakan gambar 3D data internal di bawah ini.

transcape

Saat di-zoom, para peneliti mendapati bahwa sistem secara otomatis mengelompokkan kalimat-kalimat yang bermakna sama dari ketiga bahasa tersebut. Dengan kata lain, kecerdasan buatan Google telah berhasil menciptakan “bahasa”-nya sendiri/interlingua untuk kata dan kalimat yang serupa dari bahasa yang berbeda.

Para peneliti berpendapat bahwa kecerdasan buatan Google telah membuat suatu program sendiri untuk menerjemahkan dua bahasa yang berbeda tanpa perantara. Sederhananya, sistem buatan tersebut mampu menerjemahkan dari Jepang-ke-Korea tanpa menerjemahkan dari Jepang ke Inggris lalu ke Korea terlebih dahulu. Canggih… atau seram? Menurutmu sendiri bagaimana?

Sumber: Engadget, Techcrunch

SHARE

LEAVE A REPLY