Jepang Gunakan Kekuatan Gadis Anime “Moe” Untuk Rekrut Tentara!

Jepang Gunakan Kekuatan Gadis Anime “Moe” Untuk Rekrut Tentara!

1822
gadis anime moe kancolle destroyer class

Untuk menambah jumlah tentara, Menteri Pertahanan Jepang gunakan gadis anime moe untuk merekrut tentara!

Kreasitekno.com – Setiap negara selalu memiliki cara tersendiri untuk merekrut darah-darah muda agar mengabdi kepada negara sebagai seorang tentara. Meski begitu, cukup jarang ada negara yang menggunakan cara untuk merekrut tentara seperti Jepang: mereka menggunakan gadis anime moe.


Baca Juga: 8 Anime Terbaik Buatan Makoto Shinkai Menurut Fans


Apa itu moe? Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya demikian. Yah, banyak sekali para professor anime a.k.a. otaku yang masih memperdebatkan arti sebenarnya dari moe. Yang pasti, banyak yang setuju bahwa moe adalah julukan pada karakter-karakter anime dan manga yang imut sampai-sampai rasanya ingin memasukan mereka ke dalam karung berteriak dan memeluk mereka erat-erat saking gemasnya—dan hal inilah yang ingin dieksplotasi oleh JSDF (Japan Self-Defense Force).

gadis anime ghocumoon usagi desuka chino

Metode ini sendiri memulai debutnya pada tahun 2012 di Kisarazu City Avaition Festival. Pada event tersebut, banyak sekali helikopter dan pesawat militer lainnya yang diberi gambar gadis-gadis anime moe nan kawaii.

Pihak Jepang tidak berhenti sampai situ untuk merekrut tentara mereka. Poster-poster yang menampilkan gadis-gadis moe pun digunakan untuk “menghasut” para otaku muda-mudi agar bergabung dengan militer Jepang.

Banyak yang berkomentar bahwa penggunaan gadis anime dengan elemen moe ini hanya akan menurunkan rasa percaya masyarakat kepada tentara yang kebanyakan anggotanya adalah otaku. Tetapi banyak juga yang percaya bahwa penggunaan elemen otaku dalam dunia militer ini adalah upaya dari Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menyesuaikan dengan peran JSDF saat ini. Peran dari JDSF sendiri dijelaskan secara lengkap melalui video anime berdurasi 20-menit di bawah ini:

Cara ini sendiri memang menaraik, tapi masih belum ada informasi lebih lanjut apakah penggunaan elemen moe dan gadis-gadis anime kawaii dalam poster, video, helikopter dan senjata-senjata militer berhasil merekrut banyak tentara atau tidak. Kalau menurut saya sendiri sih, akan lebih menarik jika Jepang menjanjikan para tentaranya untuk menjadi pilot Gundam. Haha.


Baca Juga: Indahnya Lokasi-Lokasi Kimi no Na Wa di Dunia Nyata!


Bagaimana menurutmu, apakah metode seperti ini cukup membuatmu tertarik untuk bergabung dengan militer? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Sumber: Kotaku (via Rocketnews)

SHARE

LEAVE A REPLY