Wow, “Papan Tulis” Canggih Keluaran Google Ini Harganya Bakalan Bikin Kamu Melotot!

Wow, “Papan Tulis” Canggih Keluaran Google Ini Harganya Bakalan Bikin Kamu Melotot!

864

Google kembali merilis produk terbaru yang dinamainya dengan Jamboard, sebuah tablet raksasa yang bentuknya menyerupai papan tulis!

Kreasitekno.com – Setelah sukses dengan peluncuran Google Pixel beberapa waktu yang lalu, Google kembali merilis produk terbarunya yang diberi nama Jamboard. Produk baru ini ditujukan bagi kalangan institusi, lembaga pendidikan, kantor atau enterprise.


Baca Juga: Wah, Papan Catur “Sihir” Ini Bisa Bergerak Sendiri!


Sesuai dengan namanya, Jamboard adalah sejenis papan tulis elektronik berbasis Android yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi. Bisa juga disebut sebagai tablet PC raksasa karena memang ukuran layarnya yang jumbo, yakni sebesar 55 inchi dengan dukungan resolusi hingga 4K. Dengan ukurannya yang super besar, tampilan dari produk terbaru keluaran Google ini benar-benar menyerupai sebuah papan tulis yang biasa terpasang di institusi pendidikan. Namun dengan kecanggihan teknologi yang diusungnya, membuat Jamboard menjadi papan tulis yang sangat memenuhi kebutuhan para presentator, ataupun pengajar di berbagai lembaga pendidikan.

nexus2cee_google-jamboard-728x410

Adapun beberapa fitur menarik yang tersedia pada Jamboard antara lain yakni penghapus virtual, catatan mini, dokumen (Google Docs, Sheets, Slide, dan foto) yang terpasang di muka layar. Fitur penghapus virtual dari papan tulis ini membuat pengguna tidak perlu repot-repot memakai penghapus fisik layaknya papan tulis biasa, namun cukup dengan menyapukan tangan ke bagian tulisan atau gambar yang ingin dihapus.

google-jamboard-whiteboard-1-990x557

Namun fitur utama yang diperkenalkan oleh Jamboard adalah terletak pada kemampuannya dalam berkolaborasi secara live dari mana saja melalui koneksi internet. Kolaborasi yang dimaksudkan adalah dengan perangkat yang berbeda pengguna bisa sama-sama menulis, menggambar, maupun berbagi ide pada satu layar yang sama. Semisal di dalam suatu rapat, presentator menggunakan Jamboard sebagai media presentasinya, sementara audien dengan menggunakan laptop, smartphone, ataupun tablet PC, bisa saling menambah dan mengedit beberapa bagian (gambar, tulisan, tabel, diagram, dsb) yang kemudian secara langsung terpampang di layar presentator. Dalam hal ini, pengguna harus menggunakan perangkat yang berbasis Android atau iOS.

Sebagaimana yang dirangkum dari 9to5Google pada Jumat (28/10/2016), akan ada beberapa perbedaan di dalam menggunakan 2 macam perangkat seperti contohnya smartphone dan tablet. Aplikasi Jamboard di tablet mengizinkan pengguna menggunakan semua fungsi editing yang ada di dalamnya. Sementara aplikasi pada smartphone dibatasi fungsinya hanya untuk melihat layar proyek dan input data. Pengguna smartphone tidak bisa menggambar dan menulis. Selain itu, Jamboard juga dilengkapi dengan built-in camera dan speaker.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan tersebut, Jamboard menjadi perangkat presentasi yang sangat ideal bagi penggunanya. Perangkat ini juga tidak perlu menggunakan proyektor yang notabene dijadikan sebagai “alat wajib” untuk presentasi. Hanya saja, papan tulis ini masih dihargai sangat tinggi, yakni dengan banderol senilai 6.000 dollar AS atau sekitar Rp 78 juta.

SHARE

LEAVE A REPLY