Jalan-Jalan di Jepang Tak Perlu Lagi Takut Terkendala Bahasa dengan Megaphone Ini!

182
SHARE

Megaphone keluaran Panasonic ini mampu menerjemahkan bahasa Jepang ke tiga bahasa yang berbeda, lho! Jalan-jalan di Jepang pun menjadi semakin nyaman!

Kreasitekno.com – Bahasa mungkin adalah salah satu kendala yang menghentikan kita untuk jalan-jalan di Jepang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kelemahan pelayanan umum—terutama sektor wisata—adalah kemampuan berkomunikasi dalam berbahasa selain Jepang. Meski ada beberapa petugas publik yang bisa berbahasa Inggris, tetapi secara keseluruhan bisa dibilang masih kurang. Nah, kini tampaknya hal tersebut akan berubah dengan adanya megaphone yang satu ini.


Baca Juga: Google Translate Telah Menciptakan Bahasanya Sendiri!


Adalah Panasonic, perusahaan elektronik asal Jepang, yang merilis megaphone canggih ini. Megaphone ini diberi nama Megahonyaku yang berasal dari kata Megahon (Megaphone) dan “Honyaku” (terjemahan). Sesuai namanya, Megaphone yang satu ini bisa digunakan untuk menerjemahkan kata-kata bahasa Jepang ke dalam tiga bahasa yang berbeda: Inggris, Korea, dan Cina.

Terlihat canggih, tetapi pada dasarnya Megaphone ini masih memiliki banyak sekali kekurangan. Sampai saat tulisan ini dibuat, Megahonyaku ini hanya terbatas hingga 300 set kalimat saja—meski bisa terhubung ke internet untuk set kalimat lainnya. Lalu, kelemahan lainnya adalah, Megaphone ini tidak bisa digunakan untuk memberikan petunjuk kepada satu-dua orang turis tanpa harus menghancurkan gendang telinga mereka.

Meski begitu, Megahonyaku ini  bisa dibilang merupakan langkah yang cukup besar bagi Jepang untuk memajukan sektor pariwisata mereka karena cocok digunakan di tempat umum. Sampai saat tulisan ini dibuat, megaphone ini telah disebarkan dan digunakan di bandara internasional Narita, prefektur Chiba, dan juga beberapa stasiun yang padat orang seperti stasiun Harajuku. Selain sektor wisata, alat ini juga bisa digunakan ketika terjadi bencana atau situasi darurat lainnya.

megahonyaku panasonic megaphone jalan-jalan di jepang

Yah, paling tidak dengan adanya Megaphone ini di tempat umum, saat jalan-jalan di Jepang kita bisa tahu apa maksud ucapan setiap petugas yang berada di tempat umum seperti stasiun, dll. Dan ke depannya, alat ini mungkin akan dikembangkan lebih jauh lagi. Menurutmu sendiri, bagaimana?

Sumber: Rocketnews, The Verge

LEAVE A REPLY