iPhone X Face ID Sempat Gagal Demo, Sekarang Malah Ngaco

iPhone X Face ID Sempat Gagal Demo, Sekarang Malah Ngaco

383
iPhone X Face ID Sempat Gagal Demo

Masih ingat kan ketika fitur Face ID iPhone X sempat gagal demo saat diperagakan oleh bos Apple Craig Federighi pada sesi keynote ? Insiden menggelikan tersebut sudah mendapatkan jawaban lurus dari Apple.

Nah, berita hangat mengenai Face ID iPhone X kembali mengusik publik. Kali ini yang dipertanyakan adalah akurasi dari sistem pemindai wajah teranyar yang digadang-gadang sebagai inovasi terbaru sebagai pengganti teknologi pemindai sidik jari.

Apple menegaskan bahwa sistem unlock Face ID lebih kuat dibanding Touch ID. Semenjak itu para tangan kreatif muncul mencoba berbagai cara menemukan celah yang mungkin dimiliki oleh Face ID. Salah satu trik konyol yang baru saja beredar adalah menggunakan topeng wajah palsu yang diproduksi oleh perusahaan asal Vietnam bernama Bkav.

Topeng tersebut dibandrol dengan harga yang cukup fantastis, yaitu 150 USD atau sekitar Rp.2 jutaan. Dikabarkan juga para hacker sudah bisa menembus sistem keamanan Face ID. Nah, apakah sedemikian lemah fitur unlock inovasi Apple kali ini?

Setelah gagal demo, topeng aneh, dan isu-isu lainnya, sekarang yang terbukti ngaco malah muncul dari video yang diunggah di YouTube oleh seorang ibu bersama seorang anak lelakinya. Sang bocah masih berumur 10 tahun. Ternyata bocah tersebut berhasil membuka iPhone X milik ibunya dengan wajahnya sendiri.

Kejadian ini menimbulkan banyak pertanyaan salah satunya adalah adanya kemungkinan bahwa Face ID bisa diakses oleh orang yang memiliki karakter wajah mirip.

Dalam video tersebut sang ibu menjelaskan bahwa meskipun ia telah berulang-kali mengatur Face ID dengan wajahnya sendiri, tetap saja sang anak bisa membuka. Majalah Wired malah menulis, seperti yang dikutip dari TheVerge, 15 November 2017, bahwa sang anak bisa membuka smartphone ibunya sejak pertama kali ia memegang smartphone tersebut. Uji coba berlanjut dan sang anak gagal setelah sang ibu mengatur Face ID pada kondisi pencahayaan berbeda.


Baca Juga Google Pixel 2 Tandingi iPhone 8 dan Samsung Galaxy S8


Anehnya Apple sudah pernah menyampaikan bahwa sistem Face ID mungkin saja bisa keliru (false positive) ketika digunakan oleh anak di bawah 13 tahun. Belum ada keterangan resmi dari Apple terkait isu ini.

SHARE

LEAVE A REPLY