Intip Speaker Pintar Murah Berteknologi AI Buatan Alibaba

Intip Speaker Pintar Murah Berteknologi AI Buatan Alibaba

292
Intip Speaker Pintar Murah

Jika mendengar kata speaker pintar sekarang ini otak kita mungkin akan langsung mengarah ke Amazon Echo atau Google Home yang terlebih dulu eksis dipasaran. Perusahaan Cina Alibaba Group Holding Ltd tidak mau ketinggalan dengan membuat speaker pintar perdana bertema artificial intelligence (AI). Artinya speaker tersebut memiliki kecerdasan buatan diantaranya dapat mengenali suara sebagai perintah utamanya seperti halnya Amazon Echo.

Yang paling menjadi sorotan mata dunia, Alibaba bukannya bermain di papan atas seperti halnya Amazon Echo dan Google Home, Alibaba disini justru menyasak kalangan menengah kebawah.

Lantas, hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan, mungkinkah Echo akan memiliki saingan baru? Meskipun harga yang ditawarkan jauh lebih murah, speaker pintar tersebut kurang lebih memiliki kemampuan sama dengan Amazon Echo.

Namanya Tmall Genie, yang kata awalnya tersebut diambil dari nama perusahaan e-commerce Tmall yang juga dimiliki oleh Alibaba. Tmall Genie dibandrol dengan harga 499 Yuan atau setara dengan 73.42 USD saja, seperti yang dikutip oleh Reuters, Kamis (6/7/2017). Ada perbedaan harga yang cukup tajam dengan Amazon Echo ataupun Google Home yang dipajang pada rentang harga antara 120 hingga 180 USD (sekitar Rp. 2 jutaan).

Cara kerjanya persis, yaitu dengan perintah suara untuk menjalankan beberapa tugas yang diantaranya adalah menunjukkan tanggal, melaporkan cuaca, mengganti musik yang sedang dimainkan, serta dapat mengontrol perangkat rumah yang terintegrasi. Semua itu juga dilakukan dengan koneksi internet dan teknologi AI.

Ambisi perusahaan-perusahaan besar Cina dalam mengembangkan teknologi AI memang sedang gencar-gencarnya. Hal ini membuat para merchant besar seperti Alibaba dan Amazon berlomba-lomba untuk meraih pasar. Semangat lain juga ditunjukkan oleh Baidu, mesin pencari terbesar di Cina. Baidu telah berhasil berkompetisi dengan Apple melalui sistem “Duer OS” yang cara kerjanya mirip Siri.

Baca Juga :

Kembali mengenal tentang Tmall Genie, speaker canggih ini sementara waktu hanya mengenali bahasa Mandarin. Dengan itu pangsa pasarnya jelas masyarakat Cina. Tujuan Alibaba membuat perangkat ini salah satunya adalah untuk mendongkrak bisnis e-commerce-nya, pasalnya dengan Tmall Genie ini juga pengguna bisa menugaskan untuk beli barang di Tmall.

Sumber : reuters

SHARE

LEAVE A REPLY