Intip Search Bar Custom Pada Google App Baru

Intip Search Bar Custom Pada Google App Baru

320
Google App Baru

Banyak yang ditawarkan oleh Google app sebagai aplikasi resmi yang terdapat pada semua ponsel Android. Selain fitur otomatis Say “Ok Google’ untuk memberi masukan dengan perintah suara, news feed, aplikasi ini juga sangat ringan untuk browsing.

Sejak ada pembaruan ke versi 7.12 banyak yang merumorkan bahwa Google app tersebut akan membawa perubahan yang cukup signifikan dan itu telah dibuktikan pada rilis versi beta 7.14.15 yang sudah bisa diakses pada hari ini.

Sekilas memang terlihat sama dan tidak ada perubahan. Meskipun demikian ada setitik menu baru yang bisa merubah pengalaman anda dalam memakai Google app.

Kini Google app memiliki menu kostumisasi yang terletak di sebelah kanan tepat setelah kolom pencarian. Jika anda memilihnya maka search bar akan sedikit bergeser ke tengah dan muncul 4 opsi menu di bagian bawah layar, seperti yang dikutip dari Androidpolice, 23 Oktober 2017.

Dari menu yang paling kiri, anda bisa mengganti bentuk logo pada bar pencarian apakah full dengan nama Google atau simbol huruf G saja. Disebelah kanannya (menu nomor 2) anda bisa mengganti bentuk search bar sesuai pilihan yang diberikan apakah rounded rectangle, stadium shape atau quasi rectangle.

Di menu ketiga anda disuguhi opsi untuk merubah warna tema aplikasi mulai dari putih, multicolor, hitam-putih, inverted ataupun sesuai keinginan dengan menggunakan color picker. Di opsi menu keempat anda bisa merubah latar slider menjadi transparan.

Sebelum Google resmi menambahkan fitur tersebut, anda hanya bisa mengkostumisasi bentuk search widget Google menggunakan aplikasi launcher pihak ketiga seperti Nova ataupun Action. Kabar gembiranya Google telah melakukannya sendiri.


Baca Juga Review Aplikasi Youtube Go yang Bisa Pangkas Penggunaan Kuota


Meskipun perubahan ini terlihat cukup sederhana namun bisa jadi pertanda bahwa Google akan mengimplementasikan fitur-fitur menarik lain kedepan. Karena jarang sekali Google mau memberikan sentuhan unik di aplikasi resminya tersebut. Sepertinya hal tersebut juga diamini melalui penerapan tema unik dark/light otomatis yang ada di Google Pixel 2.

Karena perubahan tersebut masih terlihat di Google app versi beta 7.14.15, jadi belum tersedia di Play Store. Bersamaan dengan update selanjutnya diharapkan fitur-fitur tersebut sudah meluncur.

SHARE

LEAVE A REPLY