Intel Matangkan Langkah Buat 100 Kendaraan Otonom: Rival Baru Qualcomm dan Nvidia

Intel Matangkan Langkah Buat 100 Kendaraan Otonom: Rival Baru Qualcomm dan Nvidia

104
Intel Matangkan Langkah Buat 100 Kendaraan Otonom

Driverless vehicle technology atau kendaraan tanpa sopir akhir-akhir ini pesat dikembangkan. Sebut saja perusahaan raksasa yang terlebih dulu berkiprah adalah Qualcomm dan Nvidia. Tak tanggung-tanggung, Intel langsung tancap gas dan umumkan ingin produksi 100 armada.

Armada tersebut akan dilengkapi dengan sistem otonom canggih yang dikenal dengan level 4 autonomous system. Teknologi tersebut memiliki kepintaran di atas level autopilot yang mampu diandalkan soal keamanannya ketika melaju di jalan raya. Intel mengatakan seperti yang dikutip dari News CGTN, Kamis (10/8/2017), bahwa kendaraan otonom tersebut akan dipacu pada road test di Amerika Serikta, Israel dan Eropa pada tahun ini.

Proyek terbaru tersebut akan dikerjakan oleh Intel dan Mobileye, termasuk semua teknologi yang akan diterapkan seperti kamera, teknologi image-processing, mikroprosesor dan teknologi pemetaan.

Pada waktu bersamaan Intel juga akan memperkenalkan “peraturan mengemudi” khusus untuk armada otonom. Peraturan tersebut dapat mengajari mobil tersebut mengambil keputusan dalam berbagai situasi mengemudi dan atas pejalan kaki.

Intel lebih memilih untuk segera menguji mobil otonomnya karena itu satu-satunya cara paling efektif untuk mengetahui kemampuannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Amnon Shashua, kandidat wakil presiden senior Intel sekaligus CEO/CTO Mobileye: “Membangun mobil dan langsung mengujinya di dunia nyata bisa langsung memberikan umpan balik dan mempercepat penerapan teknologi dan solusi atas kendaraan otonom.””Perbedaan kondisi geografi sangat penting diperhatikan karena wilayah berbeda menuntut gaya mengemudi berbeda pula. Demikian juga kondisi jalan dan petunjuk jalan.”


Baca Juga Inilah Scorpion-3, Hoverbike Kendaraan Impian Bagi Kamu Pecinta Serial Star Wars!


Langkah Intel untuk mobil otonom tersebut tergolong sangat agresif pasalnya perusaahan tersebut baru saja mengakuisisi Mobileye pada hari Selasa kemarin dengan nilai yang cukup heboh yaitu, 15.3 milyar USD. Teknologi yang dimiliki Mobileye siap diaplikasikan untuk membuat mobil otonom tersebut semakin canggih.

Mobil otonom merupakan pasar yang sangat menggiurkan di masa mendatang. Hal tersebut dibuktikan oleh perusahaan-perusahaan mobil raksasa seperti Honda dan BMW juga sedang melirik pasar ini. Dalam hal ini BMW juga menggandeng Intel dan Mobileye untuk produksi mobil otonomnya yang ditargetkan rampung pada tahun 2021.

SHARE

LEAVE A REPLY