Instagram Kini Support Penulisan Bahasa Arab (Right-to-Left)

Instagram Kini Support Penulisan Bahasa Arab (Right-to-Left)

112
Instagram Right-to-Left

Akhirnya Instagram membuat dukungan untuk penulisan bahasa yang ditulis dari kanan ke kiri seperti bahasa Arab, Ibrani dan Farsi.

Selain itu Instagram juga memasukkan 36 dukungan bahasa baru. Jadi ketika anda sudah mengganti seluruh tampilan Instagram dengan bahasa yang diinginkan kecuali username. Bagi masyarakat Indonesia fitur penulisan right-to-left sepertinya sangat penting karena mereka sering menggunakan bahasa Arab ketika update story. Apalagi disaat bulan puasa ataupun hari-hari besar Islam lainnya, banyak sekali status yang harus ditulis dalam bahasa Arab, yang tentunya menggunakan format right-to-left.

Dukungan penulisan right-to-left ini baru bisa digunakan melalui aplikasi Instagram versi Android. Sedangkan iOS masih dalam tahap pengerjaan.

Ternyata ada alasan khusus mengapa iOS digarap belakangan, karena pihak Instagram menyadari bahwa ada banyak sekali pengguna Android yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa default smartphone mereka, seperti yang dikutip dari Techcrunch, 31 Oktober 2017.

Pertanyaanya, kenapa Instagram baru menerapkan dukungan penulisan bahasa tersebut sekarang? Jawabannya sudah bisa ditebak, karena tidak mudah mengaplikasikan bahasa Arab atau yang sejenis ke dalam software yang memiliki basic bahasa Inggris yang notabene ditulis dari kiri ke kanan. Jalan satu-satunya, Instagram harus merombak aplikasinya agar bisa mendukung model penulisan dari kanan ke kiri.

Mike Krieger, co-founder Instagram dalam sebuah statemen mengaku bahwa pihaknya sangat bangga bisa menyuguhkan fitur ini. Dengan fitur tersebut Instagram bisa menjadi platform yang beda dari lain dan bisa menjembatani para penutur bahasa Arab, Ibrani dan Farsi agar bisa lebih mudah berkomunikasi melalui Instagram.


Baca Juga Polygram, Sosmed yang Punya Teknologi Artificial Intelligence


Perlu diketahui bahwa ada sekitar 60 juta lebih pengguna Instagram aktif setiap bulannya di wilayah MENA (istilah yang digunakan untuk menyebut wilayah gabungan antara Timur Tengah dan Afrika Utara).Tentu saja alasan Instagram tersebut sangat masuk akal mengingat begitu banyaknya pengguna Instagram dengan penutur rumpun bahasa Arab.

Agar dapat menggunakan fitur tersebut pastikan Instagram yang anda install di Android sudah up to date. Opsinya dapat diakses melalui menu ‘setting’ yang terletak di profile Instagram.

SHARE

LEAVE A REPLY