Inilah Wujud SSD Portabel Anti Air Besutan Silicon Power Bernama Bolt B80

Inilah Wujud SSD Portabel Anti Air Besutan Silicon Power Bernama Bolt B80

332
Silicon Power Bolt B80

Dalam sekejap dunia teknologi bisa berubah dan inilah contoh kemajuan dalam dunia media penyimpanan (storage device). Dipasaran produk Solid State Drive (SSD) memang sangat pesat perkembangannya dengan tingkat kecepatan dan keunggulan fitur masing-masing.

Bolt B80 mencoba penetrasi pasar SSD portabel dengan sasaran konsumen yang agak berbeda, karena SSD portabel ini bukan hanya menyuguhkan performa, tapi juga durabilitas.

Salah satu sertifikasi yang telah dikantongi adalah IP68 yang membuatnya tahan air juga debu. Ini merupakan berita bagus buat para konsumen yang merasa dirinya sembrono dan tidak pernah awet ketika memegang hard drive portabel.

Bolt B80 memiliki bentuk casing unik seperti UFO dengan logo SP kentara di tengah permukaan bagian atas. Selling point di bagian fisik termasuk materi yang digunakan, yaitu aluminium yang berbentuk seperti piring.

SSD portabel ini ternyata juga memiliki enklosur mumpuni dengan sertifikat MIL-STD-810G 516.7 Procedure IV. Artinya selain tahan air, SSD ini juga tahan banting hingga dari ketinggian 1.22 meter. Terdapat LED indikator yang telah didesain secara khusus agar tidak kemasukan air.

Bahan yang digunakan untuk menampilkan indikator adalah lapisan microporous laser-cut aluminum yang tembus cahaya. Cukup mudah disimpan karena bobotnya hanya 53 gram dengan tebal 11.9 mm dan diameter keseluruhan 75 mm.

Bolt B80 menawarkan berbagai macam ukuran kapasitas mulai dari 120 GB hingga 480 GB. Sampai saat ini sang produsen masih enggan menyebutkan NAND flash memori yang digunakan. SSD ini memiliki kecepatan sequential write sebesar 500 MB/s dan kecepatan sequential read hingga 450 MB/s. Artinya, bisa dikatakan hal tersebut masih sangat umum dan belum terlalu istimewa.

Inteface yang digunakan juga cukup fleksibel untuk menjembatani kebutuhan transfer data antar perangkat. SSD ini disenjatai oleh interface USB 3.1 Gen 2 yang juga kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0.

Standardnya, SSD ini memakai konektor USB Type-C. Namun demikian pembeli masih dibonusi lagi dengan kabel USB-C-to-USB-A untuk memudahkan ketika ingin menghubungkan SSD ke komputer.


Baca Juga Inilah Besaran Kapasitas Memori dari Terkecil Hingga Terbesar!


Berapa harganya? Sampai saat ini sang produsen belum mengumumkan. Pun demikian, AnandTech, Senin, 16 Oktober, memperkirakan SSD tersebut akan dijual di harga yang sangat kompetitif, seperti ritual Silicon Power atas produk-produk mereka.

SHARE

LEAVE A REPLY