Inikah Tanda Kemunculan Laptop HP Windows 10 Snapdragon 835 ?

Inikah Tanda Kemunculan Laptop HP Windows 10 Snapdragon 835 ?

404
Laptop HP Snapdragon 835

Pada bulan Mei kemari Microsoft dan Qualcomm berkomitmen untuk menghadirkan Snapdragon 835 yang rencananya akan menjalankan beberapa laptop berbasis ARM OS Windows 10 dengan menggandeng beberapa produsen laptop seperti Asus, HP dan Lenovo.

Hari ini ada kabar sekilas yang membuat semua orang penasaran. Kabar tersebut muncul sebentar saja kemudian menghilang lagi di situs resmi HP tepatnya di laman HP Care Pack Central.

Laman tersebut masih menyisakan jejak tentang indikasi laptop bertenaga Snapdragon 835 tersebut meskipun rinciannya sudah tidak muncul lagi.

Pada laman tersebut tertulis jelas kode SD835, diduga kuat mengarah ke Qualcomm Snapdragon 835. Pihak yang sempat melihat detail spesifikasinya, disana tertera ada dua model laptop berukuran 12-inch dengan kode produk 2US29AV, seperti yang kami rangkum dari ZDNet, 16 November 2017. Model pertama memiliki RAM 4GB dan Universal Flash Storage (UFS) 128GB. Model kedua memiliki RAM 8GB dan media penyimpanan UFS 256GB.

Laptop HP Windows 10 Snapdragon 835

Sepertinya semua data di atas menguatkan atas emulasi yang dilakukan oleh Microsoft sejak tahun kemarin, dengan mengusung arsitektur processor 32-bit. Berbagai simulasi dilakukan agar processor berbasis ARM tersebut dapat menjalankan aplikasi Windows x86 (32-bit).

Soal ukuran display, sebelumnya bos eksekutif Microsoft juga sempat menyinggung bahwa laptop Windows 10 Snapdragon SoCs tersebut akan hadir dengan display 6-inch, 10-inch dan 14-inch. Kalau ternyata HP mengeluarkan model 12-inch, berarti tidak jauh dari apa yang diharapkan.

Sampai hari ini sudah muncul beberapa benchmark yang menyatakan bahwa Snapdragon 835 dengan Windows 10 masih belum mampu mengungguli sekelas laptop Core i3 dengan OS sama.


Baca Juga Dell Umumkan Laptop Portabel Pertama dengan Teknologi Wireless Charging


Meskipun terjadi perdebatan soal performa, yang pasti modem X16 LTE berkecepatan gigabit serta baterai jumbo akan menjadi sajian utama. Seperti janji Microsoft, laptop tersebut dapat hidup dalam hitungan hari bukan lagi hitungan jam. Snapdragon 835 dinilai memiliki keunggulan dalam menangani panas yang ditimbulkan serta memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Jika demikian, cukup masuk akal kalau laptop tersebut dapat hidup dalam hitungan hari.

SHARE

LEAVE A REPLY