India Legalkan Masyarakat Kunjungi Situs Yang Diblokir!

India Legalkan Masyarakat Kunjungi Situs Yang Diblokir!

409

KreasiTekno.com – Di India, mengunjungi situs yang diblokir bukanlah sesuatu yang dilarang. Ya, India legalkan melihat situs yang diblokir. Statement yang kembali ditegaskan oleh Pengadilan Tinggi Bombay setelah sebuah penyedia internet mendapatkan perlakukan khusus akibat situs yang diblokir.

Justice Pastel, dari Pengadilan Tinggi Bombay, dilaporkan oleh SpicyIP telah membuat perintah baru guna mengklarifikasi perintah mengenai pelarangan akses situs yang diblockir atau dilarang. Perintah ini sebelumnya mendapatkan tanggapan yang beragam dari para penyedia internet.

Perintah tersebut meminta para ISP atau penyedia internet untuk membuat sebuah pesan dan ditampilkan dalam situs yang diblokir. Pesan tersebut berisi penjelasan mengapa sebuah situs diblokir dan atas dasar apa. Pengadilan juga memerintahkan penulisan pasal terkait regulasi hak cipta, terutama pada situs penyedia film atau musik. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung situs paham tentang alasan mengapa sebuah situs masuk dalam daftar blokir.

India legalkan melihat situs yang diblokir

Tata, penyedia internet, mengeluarkan pendapat bahwa memberikan pesan yang terkustomisasi pada situs yang diblokir adalah hal yang tidak mungkin atau tidak layak dilakukan. Namun, Tata adalah satu-satunya ISP yang mengatakan hal tersebut dan membuat pengadilan memutuskan untuk memberi perlakukan khusus kepadanya.

“URL ini telah diblokir di bawah perintah Competent Government Authority atau sesuai dengan kewenangan pengadilan. Melihat, mengunduh, memperlihatkan, menyalin sebuah salinan dari konten ilegal pada URL ini dihukum sebagai tindak pelanggaran di bawah hukum India, tidak terbatas pada Section 63, 63-A, 65 and 65-A of the Copyright Act, 1957 yang mengatur pidana penjara selama 3 tahun dan juga denda hingga Rs. 3,00,000,-. Setiap orang yang dirugikan oleh pemblockiran URL ini dapat menghubungi urlblock@tatacommunications.com, kami akan memberikan rincian dari proses yang relevan dalam waktu 48 jam. Anda dapat membicarakan pada Pengadilan Tinggi atau yang berwenang untuk mengganti kerugian dari keluhan Anda.” – pesan dari Tata.

Konten di atas sebenarnya bukanlah sebuah pemberitahuan bahwa mengunjungi situs yang diblokir dapat menyebabkan pengunjung masuk penjara. Namun, adanya perlakukan khusus terhadap Tata, menyebabkan beberapa media salah mengartikan pesan tersebut dan menyebabkan kontroversi serta ketakutan pada masyarakat mengenai larangan berkunjung ke situs yang diblokir. Setelah beberapa waktu, Pengadilan Tinggi Bombay akhirnya memutuskan bahwa mengakses situs yang diblokir bukanlah kegiatan ilegal, dan pelakunya tidak akan dihukum penjara.

“Mengunjungi situs apapun, bahkan jika ia adalah situs yang diblokir, bukanlah kegiatan ilegal baik di bawah Pasal Hak Cipta tahun 1957 atau Pasal Teknologi Informasi tahun 2000,” kata Prasanth Sugathan, Pengacara dari Software Freedom Law Centre India, komunitas terdaftar yang mengatasi masalah yang terkait hukum dan teknologi. “Satu-satunya pengecualian adalah jika seseorang melihat pornografi anak.”

Nah, jika di Indonesia ada peraturan tentang pelarangan untuk akses situs yang diblokir, bagaimana menurutmu? Bisa jadi kamu terancam tidak bisa download anime atau film bajakan lainnya yang terbaru, ya. Hehe.

Sumber: NextinWeb

SHARE

LEAVE A REPLY