HP Kembali Rajai Pasar PC Dunia Geser Posisi Lenovo

HP Kembali Rajai Pasar PC Dunia Geser Posisi Lenovo

301
HP Rajai Pasar PC

Pasar PC atau personal computer akhir-akhir ini memang sedang goyah bersamaan dengan minat pasar yang cenderung beralih ke ponsel pintar dan tablet. Pada kuartal kedua tahun 2017 ini sepertinya menjadi moment penting bagi produsen PC yang bermarkas di Palo Alto, California, Hewlett-Packard (HP)

HP Inc menandai langkah kemajuannya dengan merebut posisi Lenovo setelah empat tahun berturut-turut merajai pasar PC dunia. Progress gemilang tersebut mencuat dari data yang diperoleh oleh lembaga riset Gartner, seperti yang dikutip dari The Wall Street Journal, Kamis (13/7/2017). Gartner mencatat saat ini pangsa pasar HP unggul di posisi 20,8 persen dan Lenovo mengantongi urutan kedua di 19,9 persen.

Prestasi tersebut dilaporkan berdasarkan beberapa keunggulan dan layanan HP yang cenderung membaik. Salah satu yang paling diacungi jempol adalah teknis pengiriman produk ke antero dunia. HP memiliki cara, sehingga mereka dapat mendistribusikan produknya lebih cepat dibanding para kompetitor. Ini terbukti dengan peningkatan pengiriman produk sebanyak 3,3 persen dengan jumlah hingga mencapai 12,7 juta unit.

Meskipun tercatat menjadi yang terdepan, HP mengklaim bahwa prestasi tersebut bukan menjadi prioritas. Malah, sang Presiden Ron Coughlin, President Global Personal System HP Inc. menegaskan bahwa “menjadi nomor satu di pasar bukan tujuan utama”. Terlebih dari itu HP kini lebih fokus untuk melakukan penetrasi ke segmen pasar yang lebih menjanjikan seperti produk laptop hybrid (konvertibel) dan pasar gaming.

Di sisi lain, meskipun diatas kertas Lenovo tercatat mengalami kemunduran, juru bicara Lenovo membantahnya. Lenovo mengkalim bahwa pangsa pasarnya cukup stabil hingga kini dan cenderung mendapatkan profit sehat. Fokus Lenovo sama yaitu menghadirkan produk-produk unggulan di segmen game dan laptop konvertibel. Gartner menganalisis bahwa kemunduran Lenovo disebabkan oleh meningkatnya harga komponen hardware.

Baca Juga :

Diluar persaingan ketat di urutan pertama dan kedua, Dell masih bertahan di posisi ketiga dengan perolehan pangsa pasar sebesar 14,7 persen. Setelah itu ada Apple Inc. yang mengantongi angka 7 persen. AsusTek Computer masih berada pada urutan ke 4 di pasar PC dunia.

Sumber : wsj

SHARE

LEAVE A REPLY