Google Tawarkan Proteksi Terkemuka Untuk Orang Penting

Google Tawarkan Proteksi Terkemuka Untuk Orang Penting

130
Google Tawarkan Proteksi Terkemuka Untuk Orang Penting

Anda yang merasa memiliki sebuah posisi, status atau jabatan tertentu, dan sedang membawa sebuah misi bagi kepentingan orang banyak seperti jurnalis, pemimpin sebuah perusahaan, atasan parpol, ataupun profesi lain yang sering mendapatkan perhatian publik, tentu saja membutuhkan sebuah mekanisme aman ketika melakukan aktifitas online.

Solusi yang ditawarkan Google merupakan manifestasi tanggapan yang dirasa cukup ‘alamiah’ atas respon banyak kalangan terkait berbagai ancaman online yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jangankan sebagai orang penting, sebagai netizen biasa saja, sangat wajar apabila kita merasa sedikit khawatir terhadap jenis ransomware baru (yang tidak henti-hentinya dilaporkan), pencurian password, serta eksploitasi WiFi KRACK yang baru-baru ini hangat diperbincangkan.

Yang diperkenalkan Google kali ini adalah sebuah sistem proteksi terkemuka bagi orang-orang yang rentan terhadap sebuah targeted attacks. Dalam kasus ini netizen umum menjadi pengecualian. Pun demikian, sistem proteksi tersebut sebenarnya bisa dimohon oleh siapa saja.

Disebut sebagai Google Advanced Protection Program (APP). Program ini fokus pada 3 area kunci. Pertama, menggunakan sebuah kunci kemanan (security key) yang ditanam dalam sebuah flash disk untuk menangkal situs-situs phishing.

Kedua, mengamankan email dan file-file dengan cara memberikan limit atas akses pihak ketiga.

Ketiga, mencegah akses curangan dengan langkah verfikasi ekstra. Google mengklaim bahwa dengan semua itu pengguna akan mendapatkan keamanan ekstra yang tidak bisa didapat dari pihak lain. Program ini bisa diperoleh melalui tautan berikut ini.

Melihat prosedur keamanan yang begitu ketat, tentu saja peralatan dan program ini hanya dikhususkan bagi orang-orang yang mau repot. Google menekankan seperti yang kami kutip dari The Verge, 18 Oktober 2017, bahwa program ini hanya bekerja pada browser Chrome dan aplikasi Google lainnya. Jadi, anda tidak bisa memakai untuk melindungi data-data yang ada pada vendor lain seperti email, kontak, serta kalender iPhone.


Baca Juga Hati-hati Serangan BlueBorne, Menyerang Perangkat Lewat Bluetooth


Lantas jika anda merasa bahwa APP terlalu berlebihan, maka apa yang bisa diperbuat untuk menjaga keamanan akun? Masih ada cara yang murah meriah seperti halnya menggunakan VPN ketika mengakses internet dari WiFi Publik, menggunakan two-step verification (melalui telfon atau SMS), dan membuat akun dengan password berbeda pada setiap layanan online.

SHARE

LEAVE A REPLY