Google Tak Lagi Prioritaskan Domain Negara Untuk Hasil Pencarian

Google Tak Lagi Prioritaskan Domain Negara Untuk Hasil Pencarian

147
Google Tak Lagi Prioritaskan Domain Negara Untuk Hasil Pencarian

Dalam rangka mengoptimalkan hasil pencarian, Google rombak cara kerja ‘search engine’ nya untuk hanya menunjukkan hasil pencarian berdasarkan relevansi wilayah lokal. Ini merupakan pertanda yang sangat bagus karena hasil pencarian Google bisa sangat akurat berdasarkan query yang diharapkan.

Dulu kita bisa menggali hasil pencarian dengan mengarahkan mesin pencari Google menggunakan apa yang disebut country code top level domain names (ccTLD) seperti (google.co.id untuk negara Indonesia), (google.com.br untuk Brazil), (google.co.uk untuk Inggris) dan lain sebagainya.

Sekarang sistem tersebut tidak akan bekerja lagi baik di Google Search maupun Google Maps. Artinya, meskipun anda melakukan pencarian melalui google.co.uk (Inggris) dari Indonesia maka hasil pencarian akan tetap diprioritaskan berdasarkan lokasi anda saat ini yaitu Indonesia. Anda bisa mencobanya dengan mengetikkan google.com di browser via desktop maupun smartphone (Android &  Google app for iOS). Setelah halaman terbuka, lokasi anda saat ini (nama negara) akan tetap terpampang di bagian bawah window browser tersebut.

Sang Product Manager Google, Evelyn Kao, menuturkan di Google Blog, 27 Oktober 2017 bahwa ‘Hari ini, satu diantara lima pencarian di Goolge terkait dengan lokasi, jadi dengan menyajikan hasil pencarian berdasarkan relevansi wilayah itu sangat penting untuk menyajikan informasi paling akurat’.

Jadi Google Search ataupun Google Maps akan otomatis beradaptasi terhadap lokasi anda saat ini. Misalnya saat ini anda berada di Indonesia, maka secara otomatis hasil pencarian akan diprioritaskan pada semua informasi yang berasal dari negara Indonesia.


Baca Juga Sejenak Mengintip Kreator Utama di Balik Uniknya Google Doodle


Pada kasus tertentu terkadang hasil pencarian lokal tidak bisa muncul. Agar relevansi hasil pencarian bisa tetap akurat anda bisa mengatur secara manual dengan menambahkan ‘layanan negara’ sesuai lokasi anda saat itu melalui pengaturan yang muncul di browser. Dalam menu ‘settings’ anda juga bisa merubah fokus hasil pencarian berdasarkan wilayah (negara) yang diinginkan.

Ingat, dengan hanya mengetikkan ccTLD berdasarkan negara saja tidak cukup untuk menggali informasi tertentu dengan konteks khusus apalagi terkait dengan wilayah. Anda harus mengatur secara manual.

Sumber: blog.google

SHARE

LEAVE A REPLY