Google Resmi Luncurkan Backup dan Sync Untuk Mac dan Windows

Google Resmi Luncurkan Backup dan Sync Untuk Mac dan Windows

203
Google Resmi Luncurkan Backup dan Sync

Ternyata tidak begitu lama menunggu setelah Google mengumumkan fasilitas Backup & Sync beberapa waktu yang lalu. Kini pengguna macOS dan Windows bisa menikmati layanan backup gratis tersebut tanpa perlu repot-repot upload setiap kali mereka ingin filenya tercadangkan.

Solusi ini juga sangat praktis bagi kalangan pekerja yang memiliki mobilitas tinggi. Ketika mereka mengerjakan sebuah tugas kemudian menyimpannya di folder komputer yang sudah diintegrasikan dengan Google Drive ataupun Google Photos, file tersebut secara otomatis juga akan terunggah. Jadi ketika ingin melakukan presentasi di kantor mereka tidak perlu repot-repot membawa laptop atau flashdisk, dan cukup membuka akun Google Drive atau Google Photos.

Dulu mungkin anda sudah pernah menginstal aplikasi Google Drive atau Google Photos di komputer. Nah, aplikasi baru ini akan menggantikan keduanya dan sudah memiliki fitur sinkronisasi. Anda bisa langsung mengunduh Google Photos atau Google Drive sesuai dengan kebutuhan. Setelah terinstal, maka anda bisa memilih folder mana saja yang ingin mendapatkan fasilitas backup secara rutin. Jika anda menginginkan untuk versi smartphone, maka Google Backup & Sync juga mendukung Android dan iOS.

Perlu dicatat ya, fasilitas ini hanya ditujukan bagi pengguna personal dan tidak untuk keperluan bisnis. Korporasi masih tetap harus menggunakan Google Drive versi lama baik dengan aplikasi maupun versi web. Kedepan Google juga berencana akan membuat fasilitas serupa yang diorientasikan untuk keperluan bisnis. Aplikasi tersebut akan bernama Drive File Stream, yang kemungkinan besar juga akan rilis tahun ini, seperti yang dikutip oleh The Verge, Kamis (13/7/2017).

Baca Juga :

Hingga saat ini Google Drive menjadi pelopor fasilitas backup dengan ruang penyimpanan hingga 10 TB. Untuk versi gratisnya, anda masih tetap bisa menggunakan fasilitas 15 GB seperti yang sudah diterapkan oleh Google selama ini.  Berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan, ukuran versi gratis tersebut sudah sangat besar mengingat tidak ada kompetitor yang mengunggulinya hingga saat ini.

Anda tertarik mencoba?

SHARE

LEAVE A REPLY