Google Play Store Makin Intensif Pilih Aplikasi

Google Play Store Makin Intensif Pilih Aplikasi

1813
Google Play Store Makin Intensif Pilih Aplikasi

Google Play Store adalah kandangnya aplikasi Android. Ribuan atau bahkan jutaan aplikasi parkir di Play Store menunggu penggemar baru setiap harinya. Melihat betapa masifnya aplikasi di Play Store, Google akan melakukan bersih-bersih untuk aplikasi-aplikasi yang kurang berkualitas.

Sebaliknya, Google juga akan dongkrak rangking aplikasi yang berkualitas. Itu artinya aplikasi yang sering crash, tidak bermutu, memiliki rangking rendah akan dikubur selamanya. Senjata apa yang akan digunakan Google?

Seperti yang dikutip dari The Verge, Jum’at (4/8/2017), Google akan menerapkan sebuah algoritma yang dapat secara otomatis mendeteksi kualitas sebuah aplikasi. Teknologi ini disebut juga sebagai ‘quality signals’. Ada beberapa parameter yang akan digunakan yaitu performa data, keterlibatan pengguna, dan rating yang diberikan oleh pengguna. Secara otomatis, algoritma tersebut dapat mempengaruhi rangking atau posisi sebuah aplikasi baik dalam hasil pencarian maupun pada daftar aplikasi.

Nampaknya Google akan sangat intensif membuat lingkungan pengguna Android yang lebih baik dengan hanya mendukung aplikasi berkualitas. Usaha ini juga sudah terlihat akhir-akhir ini ketika Google mengumumkan atas penggunaan machine learning untuk mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang memiliki kualitas buruk. Google juga sudah meluncurkan sebuah program dengan nama ‘Android Excellence’ untuk menyeleksi aplikasi-aplikasi yang menurut perusahaan dikategorikan bagus.

Selama ini Google sudah sadar bahwa aplikasi-aplikasi yang disuguhkan di Play Store masih kalah berkualitas ketimbang aplikasi-aplikasi iOS. Pun demikian Google sudah memiliki artificial intelligence yang sangat kompeten untuk menghilangkan stigma tersebut.

Pada akhirnya semua teknologi tersebut akan diaplikasikan dengan sedikit bantuan tenaga manusia untuk menyeleksi aplikasi yang setiap harinya banyak yang didaftarkan di Play Store. Meskipun sekarang kita begitu mudah melakukan banding ketika aplikasi yang kita daftarkan ditolak, untuk kedepan hal tersebut rasanya sangat sulit.


Baca Juga :


Berita ini sangat menggembirakan buat pengguna Android, karena mereka kedepan bisa lebih mudah menilai apakah aplikasi tersebut sampah atau emas. Bagi developer dan perusahaan, mereka harus ekstra selektif sebelum mendaftarkan aplikasinya di Play Store.

SHARE

LEAVE A REPLY