Ups, Google Pixel Berhasil Dibobol Kurang dari 1 Menit!

Ups, Google Pixel Berhasil Dibobol Kurang dari 1 Menit!

470
google pixel

Akhirnya sistem keamanan Google Pixel berhasil dibobol hanya dalam waktu kurang dari satu menit! Bagaimana prosesnya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Kreasitekno.com — Beberapa waktu lalu, Google merilis produk smartphone terbaru yang dinamainya dengan Google Pixel. Produk smartphone yang masih tergolong baru ini digadang-gadang bakal segera menyaingi beberapa vendor raksasa seperti Samsung dan Apple. Namun sebelum mencapai titik tersebut, tampaknya Google Pixel masih harus menjalani serangkaian “uji coba” untuk melihat seberapa canggih dan tinggi ketahanan yang dimilikinya. Terlebih lagi mengingat produk ini merupakan besutan dari perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Google.


Baca Juga: Selain Google Pixel, Inilah 4 Produk Terbaik Google Pada Event Made By Google


Salah satu bentuk “tes” tersebut bisa dilihat dari apa yang terjadi pada beberapa waktu belakangan ini, yakni suksesnya para hacker asal China dalam membobol sistem keamanan yang ada pada perangkat smartphone tersebut. Pada akhirnya, Google Pixel tak mampu bertahan lebih lama menghadapi “gempuran” yang dilayangkan dari para peretas jenius yang menjuluki dirinya dengan nama Qihoo 360. Produk smartphone terbaru besutan Google tersebut keok dalam waktu kurang dari satu menit!

pixel-8

Untung saja, para hacker tersebut bukanlah tipe penjahat, atau seperti yang biasa dijuluki dengan kelompok black-hat. Sebaliknya, mereka adalah “white-hat” aias “hacker baik” yang sekedar mendemonstrasikan sekaligus menunjukkan celah sekuriti berbahaya di Google Pixel  dalam acara hacking competition 2016 Pwnfest di Seoul, Korea Selatan.


Baca Juga: Wow, Harga “Papan Tulis” Canggih Keluaran Google Ini Bakal Bikin Kamu Tercengang!


Sebagaimana yang dilansir dari The Next Web, pada Minggu (13/11/2016) lalu, tim peretas berjuluk Qihoo 360 tersebut berhasil membobol sistem keamanan Google Pixel dengan cara memanfaatkan kelemahan yang belum diketahui oleh Google (zero-day vulnerability) diikuti dengan menyuntikkan kode exploit berbahaya di Pixel dalam jarak tertentu. Setelah memasang kode yang dilakukan dalam waktu kurang dari 60 detik, Qihoo 360 benar-benar berhasil mengambil alih perangkat smartphone yang bersangkutan. Proses akuisisi tersebut dapat dilihat pada saat menjalankan sistem operasi, akan muncul pesan yang berbunyi “Pwned by 360 Alpha Team” di layar sebagai bukti bahwa Google Pixel telah berhasil diretas.

1440344pixel780x390

Informasi lebih detail mengenai celah kelemahan dan cara meretas ponsel baru tersebut disampaikan langsung kepada pihak Google sehingga sistem keamanan yang bersangkutan bisa ditingkatkan. Sementara itu, atas jasanya dalam rangka berhasil menemukan celah keamanan yang berbahaya dalam Google Pixel, Qihoo 360 akhirnya diberi kompensasi berupa urang hadiah sebesar 120.000 dollar AS, atau sekitar Rp 1,6 miliar!

Dan rupanya tak hanya sistem keamanan Google Pixel saja yang berhasil ditembus, Qihoo 360 juga menemukan celah kelemahan lainnya di peramban Edge pada Windows 10 dan Adobe Flash. Alhasil, Qihoo 360 berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang hingga mencapai 520.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 miliar dari ajang PwnFest 2016.

SHARE

LEAVE A REPLY