Google Home: Assistant Canggih yang Lebih dari Sekedar Smarthome!

Google Home: Assistant Canggih yang Lebih dari Sekedar Smarthome!

1285

Google merilis Google Home untuk mengerjakan segala perintah hanya dari suaramu. Seperti apa, ya, canggihnya?

Kreasitekno.com — Pada Google I/O 2016 silam, Google mengenalkan Google Home, sebuah speaker wifi yang dapat bekerja sebagai assistant canggih di rumah kamu. Sepertinya, konsep smarthome memang sedang gencar-gencarnya dikembangkan oleh berbagai developers, ya, Gengs.


Baca Juga: i-Onic Team Temukan Sistem Controller Smarthome Terbaik Untuk Indonesia


Perangkat dari Google Assistant ini dapat mengolah suaramu untuk menjalankan berbagai perintah. Kamu cukup memulainya dengan “Ok Google” dan mengatakan perintah selanjutnya. Kamu bisa mengaktifkan suara, menghidupkan lampu, menerjemahkan suatu bahasa, bahkan kamu bisa menanyakan berbagai suara binatang. Benar-benar membantu ketika sedang malas gerak, kan.  😆

Desain yang Simple dan Elegan
Google rupanya telah merancang perangkat ini dengan cantik dan dapat berpadu padan dengan hiasan rumah. Untuk saat ini, Google Home telah tersedia dalam 7 warna pada bagian bawahnya. Bentuknya yang mungil, nampak sebesar pengharum ruangan yang dipasarkan di Indonesia.

Google Home

Setidaknya, secara fisik yang terlihat, kamu dapat menemukan 4 LED pada bagian atas Google Home. Bagian ini digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat, seperti mengatur volume, dll. Di bagian samping, terdapat tombol yang yang merupakan tombol ‘mute’ yang memungkinkanmu mengatur perangkat dalam kondisi stand by atau tidak. Selain itu, terdapat speaker untuk memutar lagu ataupun bercakap-cakap denganmu. Speaker ini juga dilengkapi dengan pengaturan bass yang dapat kamu temukan dengan menarik dan memutar perangkat ini.

google-home
Pengaturan Bass di Google Home

Apa Saja yang Dapat Dilakukan, ya?

Mainkan daftar musik – Google Home mampu memutar musik dari Google Play Music, Spotify, Youtube Music, Pandora, ataupun TuneIn. Kamu dapat pula memutar musik dari Android atau perangkat iOS melalui Google Cast. Google Cast memungkinkanmu untuk menambah Google Home di rumahmu dan memutar musik yang berlainan pada ruang lainnya.

Putar konten Youtube – Rupanya, Google Cast juga membuat perangkat ini dapat memutar film dari channel Youtube kesayanganmu. Misal, kamu ingin melihat channel dari ‘arewefamousnow’, kamu tinggal mengatakannya dan konten tersebut akan muncul di TV.

Terhubung dengan Smartphone – Adanya akses ke Google Assistant, membuat perangkat ini dapat membantu pekerjaan dasar, seperti pengaturan alarm, to-do list, ataupun terhubung dengan Smarthome. Jika rumahmu telah terpasang sistem jaringan Smarthome, Google Home dapat membantu untuk mengontrol lampu, mengunci pintu, dll.

Tanya apapun juga bisa – Bertanya tentang cuaca adalah salah satu kemampuan dasar dari Google Home. Namun, tidak hanya pengetahuan cuaca saja yang tersedia. Kamu bahkan dapat bertanya hal-hal lain mendasar, seperti “Berapa lemak yang terdapat pada daging sapi?” ataupun “Berapa penduduk Amerika Serikat ketika NASA didirikan?” kepada perangkat ini. Jawaban yang didapatkan, mungkin tidak selengkap ketika kamu membaca artikel melalui Google, ya.

Rencananya, Google juga akan mengembangkan kemampuan Google Home untuk mengontrol hal-hal di luar rumah, seperti pemesanan mobil, makanan, ataupun mengirim bunga untuk seseorang. Setuju, ya, kalau perangkat ini cocok buat orang yang suka mager. Hehe.


Baca Juga: Inilah 5 Produk Terbaik Google Pada Event Made By Google


 

Telah Tersedia Pre-Order untuk Wilayah Amerika Serikat

Sayangnya, saat ini Google Home masih tersedia di Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2016. Pembeliannya pun dilakukan dengan cara pre-order di Best Buy, Target, dan Walmart seharga $129 (sekitar Rp 1.678.600,-). Sedangkan, di Pocket-lint, United Kingdom, Google mengatakan bahwa Google Home masih berstatus coming soon, namun belum tersedia untuk pre-order.

Tertarik dengan Google Home? Saya, sih, lebih tertarik kamu  😎

SHARE

LEAVE A REPLY