Canggih! Google Drive Bisa Backup Otomatis File Komputer

Canggih! Google Drive Bisa Backup Otomatis File Komputer

448
Google Drive Bisa Backup Otomatis File Komputer

Backup data merupakan salah satu rutinitas yang wajib dilakukan oleh pengguna komputer. Ada banyak alasan kenapa itu wajib, salah satunya adalah sebagai langkah antisipasi kehilangan file-file penting yang diakibatkan oleh serangan virus, kerusakan hardware dan lain sebagainya. Dewasa ini kebutuhan akan jasa backup data itu sendiri semakin tinggi, pasalnya setiap orang butuh media tambahan lain yang aman untuk menyalin data-data penting mereka.

Google nampaknya sangat serius memfasilitasi kebutuhan tersebut yang akan diwujudkan melalui cloud storage (penyimpanan awan) yang sudah dimilikinya yaitu Google Drive. Google Drive rencananya akan dipermak sedemikian rupa sehingga tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan online, terlebih lagi, akan menjadi alat backup yang menjanjikan berbagai macam kemudahan.

Fitur baru yang akan dirilis pada 28 Juni tersebut, seperti yang dikutip oleh The Verge, Kamis (15/6/2017), kemungkinan besar dalam bentuk aplikasi baru yang memiliki fungsi backup dan sinkronisasi. Karena tersinkronisasi maka Google akan memonitor folder lokal di komputer kita secara real-time. Sehingga ketika ada tambahan ataupun update file yang dilakukan di folder tersebut secara otomatis akan tersimpan di Google Drive.  Kabar baiknya pengguna bebas memilih folder mana yang akan disinkronisasikan dengan Google Drive, seperti Desktop, Document dan folder lokal lainnya. Terlebih dari itu Google belum memastikan bahwa pengguna dapat mengedit file secara live di Google Drive.

Ruang penyimpanan yang ditawarkan juga masih sama yaitu 15GB secara cuma-cuma. Jika pengguna menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, mereka harus berlangganan, berlaku seperti upgrade yang kita kenal selama ini. Perlu diketahui bahwa kapasitas gratis yang ditawarkan oleh Google Drive tergolong cukup besar jika harus dibandingkan dengan layanan backup serupa di Internet.

Baca Juga :

Fitur Backup & Sync App tersebut ternyata hanya diperuntukkan bagi kalangan personal. Untuk kepentingan perusahaan, Google masih menerapkan sistem penyimpanan manual seperti yang ditawarkan selama ini.

Dengan hadirnya fitur baru tersebut Google Drive menjadi opsi backup dan sinkronisasi termudah dan termurah. Backup & Sync App hanya support bagi pengguna Windows dan Mac.

Sumber : theverge

SHARE

LEAVE A REPLY