WoW! Google Bangun Kota Tiruan Untuk Test Mobil Self-Drivingnya

WoW! Google Bangun Kota Tiruan Untuk Test Mobil Self-Drivingnya

201
Google Bangun Kota Tiruan

Lomba proyek mobil robot atau mobil tanpa supir kini sedang serius dikerjakan oleh perusahaan teknologi maupun perusahaan otomotif dari berbagai belahan dunia.

Tak ketinggalan adalah Google. Dalam mewujudkan mega proyek tersebut, Google berani bangun kota tiruan di California, tepatnya 100 mil di sebelah timur Silicon Valley. Kota yang akan digunakan untuk test mobil tak berawak tersebut diberi nama dengan kota Castle.

Proyek mobil otonom Google dipimpin oleh perusahaan adik seperguruannya bernama Waymo, Google dan Waymo berada disatu induk keluarga yaitu Alphabet.

Rencana bangunan mega proyek tersebut terungkap setelah Google mengundang beberapa reporter terpilih, seperti dilansir oleh Slate Magazine, Sabtu (26/8/2017).

Atlantic via Slate Magazine, Sabtu (26/8/2017) mengungkap betapa megahnya desain kota tiruan yang akan didirikan. Kota tersebut dipagari oleh sebidang tanah luas yang dinamakan sebagai Castle.

Pemilihan nama tersebut merupakan warisan dari Castle Air Force Base yang dulu pernah beroperasi disana. Didalam lahan tersebut Waymo telah membangun berbagai macam persimpangan jalan, jalan raya dan gang-gang kecil. Ada satu bangunan yang cukup menarik dan tidak ditemui di tempat lain di negara Amerika, yaitu asrama angkatan udara berwarna pink yang tidak dirubah sejak dulu kala.

Alexis Madrigal dari Atlantic, adalah salah seorang yang mendapatkan akses kesana. Menyatakan kekagumannya, ia bercerita bahwa “Ini adalah kota mobil robot yang sebenarnya”.

Fasilitas untuk test yang dibuat di dalam kota tersebut sangat kompleks. Hal itu untuk mendukung para mobil robot bisa diuji dengan kesukaran maksimal. Sebagai contoh adalah persimpangan dan bundaran jalan. Contoh lainnya adalah berbagai macam halangan atau rintangan jalan seperti sepeda, skateboard, dan berbagai macam lalu-lintas buatan. Semua itu akan dimasukkan dalam skenario uji coba mobil.


Baca Juga Google Maps Beri Informasi Tempat Bagi Penyandang Disabilitas


Target uji coba tersebut sangat sederhana, agar mobil tidak menabrak sesuatu ketika benar-benar di lepas di jalan umum. Selain itu, para teknisi juga memastikan bahwa mobil tersebut juga memiliki gaya kemudi halus.

Dalam pengembangan proyek mobil otonom Google tidak sendirian, tapi paling tidak sampai sekarang Google sudah membuktikan kelengkapan fasilitas atas kualitas mobil-mobilnya nanti.

SHARE

LEAVE A REPLY