Google Assistant Sudah Ngerti Bahasa Indonesia di Allo Messenger

Google Assistant Sudah Ngerti Bahasa Indonesia di Allo Messenger

347
Google Assistant Sudah Ngerti Bahasa Indonesia

Bagi mereka yang fasih berbahasa Inggris mungkin telah merasakan kemudahan akses layanan Google Assistant seperti ketika menggunakan aplikasi messenger Google Allo.

Nah, hari ini ada kabar gembira datang langsung dari Google ketika mengadakan acara bertajuk Google for Indonesia 2017 di Jakarta.  Dengan Google Allo, anda akan segera bisa memberi instruksi Google Assistant dengan bahasa Indonesia.

Penambahan fitur bahasa Indonesia tersebut secara langsung disampaikan oleh Adam Rodriguez, Product Lead Google Allo. Secara gamblang beliau menuturkan, seperti yang dilansir oleh tim Tekno Liputan6, Kamis (24/8/2017) bahwa dalam waktu dekat pengguna Allo bisa membubuhkan Google Assistant ke dalam percapakan pribadi maupun group untuk menanyakan sesuatu.

Ini menegaskan bahwa anda bisa melakukan pencarian di Google atau membuat sebuah rencana tanpa keluar dari aplikasi chat dan semua itu bisa dilakukan dengan instruksi bahasa Indonesia. Ini juga berlaku untuk fitur smart reply.

Dengan support bahasa lokal memungkinkan Allo akan lebih bisa bersaing dengan para kompetitor seperti WhatsApp.

Pihak Google mengaku butuh waktu cukup lama untuk mengembangkan Google Assitant berbahasa Indonesia, karena adanya dialek yang bermacam-macam dari berbagai suku di Indonesia.

Ada banyak penutur asli yang dilibatkan dengan berbagai macam aksen dan dialek. Hal tersebut diperlukan mengingat proses ini tidak hanya membutuhkan teknik alih bahasa, akan tetapi juga memasukkan unsur lokal agar terjemahannya terlihat natural. Maka dari itu tidak heran kalau Google juga membuat tim pengisi suara dengan dialek yang berbeda-beda.

Baca Juga :

Dalam perkembangannya Google Assistant berbahasa Indonesia juga diback-up oleh yang namanya teknologi machine learning. Jadi, semakin banyak yang menggunakan, maka mesin asisten virtual tersebut juga semakin pintar.

Jumlah pengguna Google Assistant di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Dengan alasan itulah Google membuat keputusan untuk memberi fitur virtual asisten berbahasa Indonesia di aplikasi messengernya.

SHARE

LEAVE A REPLY