Google Akhirnya Ekspansi Akses Wi-Fi Publik Super Cepat Ke Indonesia

Google Akhirnya Ekspansi Akses Wi-Fi Publik Super Cepat Ke Indonesia

491
Google Akhirnya Ekspansi Akses Wi-Fi Ke Indonesia

Indonesia akhirnya tersentuh juga oleh program Google Station yang menawarkan akses Wi-Fi publik dengan kecepatan super kilat. Indonesia merupakan negara kedua setelah India yang mendapatkan program tersebut pada awal 2016 kemarin.

Ini bukan sebuah strategi pertama kalinya yang dijalankan oleh perusahaan penyedia layanan online. Facebook yang pertama kali meluncurkan skema akses gratis sudah terlebih dulu ada. Kini Google juga mencanangkan sebuah program untuk menyasak negara-negara berkembang.

Pada kesempatan ini Google bekerja-sama dengan penyedia jaringan broadband fiber asal Indonesia yaitu FiberStar dan CBN untuk mewujudkan high-speed hotspot di ribuan lokasi yang ada di pulau Jawa dan Bali.

Menariknya Wi-Fi pada lokasi Google Station bisa diakses secara gratis. Akan tetapi ada rencana untuk dikomersilkan pada tahap tertentu dan hasil pendapatannya akan dibagi dengan pemerintah setempat.

Seandainya pun Wi-Fi tersebut tidak gratis, kemungkinan besar akan disewakan dengan tarif yang lebih murah. Mengingat tarif Internet di Indonesia terkenal sangat mahal.

Jika menelisik lebih dalam soal tarif, mungkin kita juga perlu mengingat masalah akses Facebook gratis di India yang akhirnya di blokir oleh pemerintah setempat karena tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Facebook mengambil jalan pintas dengan membuat proyek Facebook Express Wi-Fi dengan tarif yang sangat murah. Nah, jika Google Station tidak bisa diakses secara gratis, mudah-mudahan juga memiliki strategi seperti Express Wi-Fi milik Facebook yang ditawarkan dengan harga murah.

Di India, pertama kali Google Station diluncurkan di stasiun kereta api sebelum diformalisasikan pada akhir tahun 2016 untuk memudahkan para perusahaan partner dalam memasang jaringan hotspot milik Google.

Mungkin, Google Station hotspot juga dilakukan secara bertahap di Indonesia sebelum semua daerah di Jawa dan Bali bisa menikmati.

Pada kesempatan yang sama Google juga mengumumkan bahwa YouTube Go segera bisa diakses di Indonesia. Bukan hanya itu, Google juga akan menetapkan bahwa negara Indonesia adalah negara pertama kali yang akan mendapatkan prioritas khusus tentang hasil pencarian tentang layanan kesehatan di Google Search.

Dalam hal ini Google akan melibatkan group rumah sakit Mitra Keluarga untuk mendata 700 masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia, seperti yang dilansir oleh Fortune, Kamis (24/8/2017).

SHARE

LEAVE A REPLY