Geograpiea : Game Android Edukasi Lokal Terbaik Asal Indonesia

Geograpiea : Game Android Edukasi Lokal Terbaik Asal Indonesia

191
game geograpiea
game geograpiea

Ilmu Geografi dasar terkadang dianggap sepele karena memang keliatannya tidak sulit. Ya apasih sulitnya menebak nama ibukota, nama daerah, dan lokasi-lokasi dalam peta di negara Indonesia? E tapi jangan salah lho masbero dan mbakbero, karena sesuatu yang sepele itu tak sepenuhnya gampang.. ya kaya urusan hati itu, kayaknya gampang didapetin eh taunya malah kamu yang kehilangan.. sakit ya? iya.

game geograpiea
game geograpiea

Nah ngomongin soal Pelajaran Geografi nih, beberapa waktu yang lalu sebuah Developer Aplikasi Android yang berlokasi di Jogja membuat sebuah game bertemakan edukasi yang mana game ini akan menguji kemampuan pengetahuan para pemainnya dalam hal ilmu Geografis di Indonesia. Game ini bernama Geograpiea.
Secara garis besar Game Geograpiea ini berbentuk game tanya jawab yang terdiri dari 4 Level. Level pertama kamu akan ditugaskan untuk menjawab nama-nama ibukota dari nama Provinsi yang akan ditampilkan di layar. Tidak jauh beda dengan level pertama, di level kedua ini kamu harus menebak nama-nama kota dari bentuk sebuah peta provinsi. Dan di level tiga dan empat ini yang paling menyenangkan, karena kamu akan dihadapkan dengan Peta Buta! Hahaha.. saya jadi inget pas waktu masih SD dulu.. eh jangan salah.. saya juga pernah lulus SD lho!

Selain menajawab pertanyaan, Game buatan Agate Jogja ini juga mempunyai fitur Leaderboard, dimana dengan fitur ini kamu dapat mengkoneksikan game ini ke akun Google Plus untuk mensubmit score dan menandingkannya dengan para pemain lain yang terkoneksi di G+. Kamu juga dapat melakukan share score yang kamu peroleh ke akun Twitter dan Facebook yang kamu punya.

Secara grafis, Geograpiea ini mempunyai tampilan yang bagus dan beberapa tokohnya ikonik banget dengan beberapa karakter khas yang ada di Indonesia. Hanya saja saya merasa sedikit kesulitan pas berada di level 3 dan 4 karena di bagian peta buta ini gambar Peta Indonesia-nya kurang gede, entah gambarnya yang kurang gede atau jempol saya yang kegedean yang pasti agak susah memencetnya ketika saya memainkannya menggunakan Android jenis Smartphone, mungkin lain cerita jika saya coba pake Tablet atau mungkin pake Kapsul.
Dari sisi experience atau pengalaman yang didapet, sungguh game ini membuat saya sedikit termenung dan terdiam.. bukan karena saya tidak suka atau kecewa, tapi karena game ini membuat saya tersadar ternyata pengetahuan saya tentang Indonesia masih kurang.. bahkan saya sendiri masih sering salah menebak nama-nama Ibukota Provinsi yang ada di Indonesia.. Sungguh Rhoma Irama.. | apa itu? | Therlhalhu bero.. gitu aja ngga tau to.. hih!

So far game ini sangat bagus buat pembelajaran anak-anak usia SD, karena kita tau di Android masih sedikit sekali game-game tentang edukasi khususnya edukasi lokal tentang Indonesia, meskipun tidak menutup kemungkinan game ini tetap berguna untuk dimainkan oleh kamu yang sudah dewasa.
Hanya saja saya merasa game ini masih perlu ditambah beberapa fitur tambahan yang bisa bikin greget para pemainnya. Karena menurut saya kalo cuman tanya jawab saja sih sepertinya para pemain bisa cepet bosen, bahkan bisa saja sekali main terus udah ngga pengen main lagi. Yap perlu adanya teknik yang bisa bikin mereka penasaran, ya kaya wanita itu.. selalu tertarik sama cowo yang bisa bikin mereka penasaran.. kaya saya ini.. *huek*
Oh iya Geograpiea ini tersedia secara gratis di Play Store, nah buat kamu yang pengen coba game buatan temen-temen Agate Jogja ini langsung aja deh download dan install gamenya melalui Play Store. Selamat mencoba!

SHARE

LEAVE A REPLY