Generasi USB 3.2 Telah Lahir, Mau Tahu Kecepatan Transfer Datanya?

Generasi USB 3.2 Telah Lahir, Mau Tahu Kecepatan Transfer Datanya?

427
USB 3.2

USB 3.0 Promoter Group mengumumkan standar kecepatan baru untuk USB-Type C yang mampu mengirim file hingga kapasitas 20Gbps/sec. Kecepatan tersebut adalah dua kali lipatnya USB 3.1 yang sekarang sudah mulai banyak beredar dalam kemasan hardware USB Type-C atau yang disebut sebagai USB-C saja.

Berbagai perangkat seperti laptop keluaran terbaru sekarang sudah memiliki port USB Type-C. Mengikuti perkembangan, hardware plug-and-play juga sudah banyak yang dibuat dengan tipe USB-C seperti flash disk, hard disk external dan lain sebagainya.

Lahirnya USB 3.2 menggantikan standar USB 3.1 generasi 1 yang memiliki kecepatan transfer data maksimal 5Gbps/sec dan USB 3.1 generasi 2 yang memiliki kecepatan 10Gbps/sec.

Ini merupakan era baru dalam dunia transfer data antar perangkat ke perangkat lain yang sekaligus akan menggantikan teknologi pendahulunya. Bagi anda yang sering memindahkan file berukuran besar, maka berita ini adalah kabar yang sangat menggembirakan.

Agar kecepatan 20Gbps/sec bisa dicapai, perangkat yang saling tersambung direkomendasikan sudah menggunakan standar USB 3.2. Dan nampaknya, ini sedikit butuh waktu untuk membelinya di pasaran karena para perusahaan perangkat hardware perlu menyesuaikan dengan standar baru tersebut.

Untuk mengetahui apa yang baru dari USB 3.2 ini, kami akan sedikit merangkum dari laporan yang ditulis oleh Trustedreviews, Kamis (27/7/2017).

Jika anda sekarang sudah memiliki perangkat dengan teknologi USB 3.1, maka perangkat tersebut masih menggunakan dua jalur (lane) sebagai tempat lewat data. Dengan kecepatan 10Gbps/sec artinya masing-masing jalur akan mentransfer file sebanyak 5Gbps/sec. Nah, pada USB 3.2 masing-masing jalur tersebut bisa mentransfer sebesar 10Gbps/sec.

Kabar baiknya, meskipun perangkat dengan USB 3.2 belum beredar di pasaran, konsumen yang ingin merasakan fitur transfer tersebut sudah bisa menggunakan kabel USB Type-C yang sekarang sudah banyak beredar. Namun ada syaratnya, yaitu USB Type-C yang memiliki sertifikat kecepatan transfer data hingga 10Gbps/sec.


Baca Juga :


Uniknya lagi, USB 3.2 support dengan berbagai tipe USB 3.0 lawas. Pengguna hanya perlu mengkombinasikan USB 3.2 dengan kabel penghubung yang sesuai. Menurut berita yang beredar, standar USB 3.2 tersebut akan dipamerkan pada even USB Developer Days North America pada bulan September mendatang.

Sumber : trustedreviews

SHARE

LEAVE A REPLY